Metode SRI Tingkatkan Produksi Padi Kelompok Tani "TANI MAJU"

Kamis Legi, 9 Oktober 2014 12:28 WIB ∼ 968 Komentar (0)

Foto Berita

Panen Raya Padi Kelompok Tani Maju

Kelompok Tani “Tani Maju” merupakan salah satu Kelompok Tani di Kecamatan Sedayu yang melaksanakan penerapan Penanaman PadiSawah dengan menggunakan metode Sistem of Rice Intensification atau biasa dikenal dengan Metode SRI. Metode SRI ini adalah metode budidaya padi dalam rangka peningkatan produktivitas dengan cara budidaya padi yang intensif dan efisien dengan proses managemen perakaran dengan berbasis pada pengelolaan tanah, tanaman dan air.

Rabu (8 OKtober 2014) Kelompok Tani Maju yang diketuai oleh Broto Waldi mengadakan Panen Raya Padi Perdana di Bulak Semampir. Sebelum acara panen padi perdana dilaksanakan kegiatan ubinan oleh Mantri Tani Kecamatan Sedayu (Supardal, STP) bersama para petani. Dalam kegiatan ubinan diambil 10 rumpun padi untuk sample secara acak. Setiap rumpun yang digunakan untuk sample mempunyai ukuran 2,5 m x 2,5 m. Dari kegiatan ubinan ini diperoleh hasil produktifitas 8,84 ton per Ha Gabah Kering Panen. Hasil panen menggunakan metode SRI ini terbukti meningkat hasil produksi gabah, bila dibandingkan dengan hasil panen pada musim panen sebelumnya (musim tanam yang sama) hal tersebut sangat menggembirakan, karena pada musim panen sebelumnya produktivitas hanya 7,64 ton per Ha Gabah Kering Panen. Hasil panen saat ini juga melebihi targer yang telah ditentukan, target untuk Kecamatan Sedayu adalah 7,99 ton per Ha Gabah Kering Panen.

Setelah dilakukan kegiatan ubinan kemudian dilanjutkan dengan Panen Perdana. Hadir dalam kegiatan Panen perdana ini Camat Sedayu, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, BKP3 & KP Kabupaten Bantul, Mantri Tani Kecamatan Sedayu, Koramil Sedayu, Lurah Desa Argorejo, PPL Kecamatan Sedayu, Gapoktan se Kecamatan, dan petani Bulak Semampir. Panen perdana dilakukan secara simbolis oleh Camat Sedayu (Priya Atmaja, SH) bersama Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul (Tri Haryadi, STP),BKP3 & KP Kabupaten Bantul (Tugimin, STP) , Koramil Kecamatan Sedayu (Mulyono) dan Lurah Desa Argorejo(Ngadimin).

Selanjutnya Camat Sedayu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap petani Bulak Semampir khususnya terhadap Kelompok Tani “Tani Maju” karena berdasarkan hasil ubinan yang sudah terekam, data produksi telah melebihi target yang telah ditentukan. Dalam rangka menghadapi persaingan yang ketat Camat Sedayu juga menghimbau kepada parapetani agar lebih kreatif dan inovatif .(dych)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163