Gerakan Pengendalian Hama Tikus Kelompok Tani Panggang

Selasa Wage, 11 November 2014 10:05 WIB ∼ 1305 Komentar (0)

Foto Berita

Hasil gropyokan tikus

 

 

Minggu (9 November 2014), Dalam rangka menekan jumlah serangan hama tikus pada tanaman padi Kelompok Tani Panggang I melaksanakan kegiatan Pengendalian Hama Tikus (Gropyokan Tikus) dengan cara emposan menggunakan racun Alpostran (mercon tikus) di Bulak Kulon Panggang dan Bulak Karang Mulyo Argomulyo, Sedayu, Bantul. Sebenarnya beberapa cara pengendalian telah dilakukakan  seperti grobyokan, umapanan dan sanitasi lingkungan dengan predator burung hantu (tyto Alba) namun populasi tikus masih tetap ada.

Topografi yang berbukit – bukit, banyak gumuk – gumuk dan merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman  sangat memicu perkembangan hama tikus dengan cepat karena pola tanam antar wilayah yang selalu berbeda.

Gerakan pengendalian tikus ini dilakukan untuk mengawali pra musim tanam 2014/2015 yang sebagian besar tanaman padi diwilayah KecamatanSedayu dilaksanakan pada bulan November dan Desember 2014.

Gerakan Pengendalian hama tikus ini didukung dari berbagai stake holder, hal ini bisa dilihat dengan hadirnya Camat Sedayu (Priya Atmaja, SH), Dipertahut Kabupaten Bantul,  Mantri Tani KecamatanSedayu (Supardal, S.TP), Petugas POPT, Penyuluh BPP, Pemerintah Desa.

Dalam sambutannya, Camat Sedayu (Priya Atmaja, SH) berharap agar para petani  tidak kapok dalam melakukan kegiatan pengendalian hama tikus karena tikus ini termasuk hewan yang selalu bermigrasi dari satu tempat ketempat yang lain, selain itu denganadanya pengendalian hama tikus Camat Sedayu juga berharap agar hasil panen dimusim tanam mendatang hasilnya akan lebih baik daripada  hasil panen musin yang sekarang.

Dengan adanya pengendalian hama tikus ini diharapkan akan menekan populasi tikus dimasa mendatang, dengan asumsi terbunuhnya 2 ekor  tikus akan menghilangkan 2000 ekor tikus dalam kurun waktu satu tahun kedepan, dengan perhitungan sepasang tikus beranak 8 – 12 ekor setiap bulan dan umur reproduksi tikus sangat singkat,tikus siap kawin setelah berusia 35 hari dengan masa bunting 21 hari dan akan kawin lagi 2 hari setelah melahirkan, karena itu populasi tikus sangat cepat sekali berkembang, sehingga diharapkan petani / kelompok tani kompak melakukan pengendalian hama tikus secara rutin (dych)

 

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163