Dusun Kaliurang & Dusun Kaliberot Deklarasikan STOP BABS

Rabu Kliwon, 17 Desember 2014 11:00 WIB ∼ 1094 Komentar (0)

Foto Berita

Masih buruknya sanitasi di lingkungan rumah tangga dan belum setiap rumah memiliki kamar mandi yang ada wc nya, membuat pola perilaku masyarakat melakukan Buang Air Besar Sembarangan. Sungai pun menjadi salah satu tempat yang digunakan beberapa warga di bantaran sungai untuk BAB. Tentunya perilaku negatif tersebut memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan. Untuk itu perlu dilaksanakan upaya penyadaran masyarakat untuk berhenti BAB Sembarangan (BABS). Untuk menjaga dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar menghentikan praktik buang air besar sembarangan pada Selasa 16 Desember 2014 Warga Masyarakat Dusun Kaliurang dan Dusun Kaliberot melaksanakan Deklarasi DUSUN STOP BABS.

Deklarasi dilaksanakan di Balaidesa Argomulyo, hadir dalam Deklarasi DUSUN STOP BABS tersebut Camat Sedayu yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kasie Ekbang & LH (Kartika Cahyani, SH, M.Hum). Hadir pula dalam kesempatan ini Muspika Sedayu, Ka Puskesmas I Sedayu, Lurah Desa Argomulyo, Tokoh masyarakat yang sekaligus anggota DPR Kabupaten Bantul Drs. Timbul Harjono, dukuh se Desa Argomulyo dan warga peserta Deklarasi DUSUN STOP BABS.

Dalam sambutannya mewakili Camat Sedayu, Kartika Cahyani, SH, M.Hum menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Dusun Kaliurang dan Dusun Kaliberot yang sudah menjadi pelopor untuk berkomitmen tidak melakukan buang air besar sembarangan dengan melakukan deklarasi STOP BABS. Beliau mengharapkan Deklarasi ini akan diikuti oleh dusun – dusun yang lain.

Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan ini sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta memicu untuk ikut melakukan perubahan perilaku sehingga bisa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) diharapkan dengan deklarasi dusun Kaliurang dan Dusun Kaliberot akan diikuti oleh dusun – dusun yang lain untuk melakukan deklarasi STOP BABS. (dych)

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163