Gelar Budaya Pengembangan Desa dan Kantong Budaya

Senin Legi, 27 April 2015 19:14 WIB ∼ 1048 Komentar (0)

Pentas seni ketoprak oleh paguyuban ketoprak Kridho Budhayo berlangsung Sabtu malam minggu (25/04) di pelataran rumah Sudarno kepala dusun Jambon Argosari Sedayu. Pergelaran oleh kurang lebih 30 orang pelaku seni termasuk pengrawit ini, mementaskan lakon kembang katresnan.

Gelar budaya yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Argosari, disambut antusias oleh masyarakat Argosari khususnya dusun Jambon. Hadirnya juga dalam acara ini antara lain : dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bantul, Danramil Sedayu, Polsek Sedayu dan aparat kecamatan Sedayu selaku fasilitator kegiatan.

Eko Agus Raharjo Ka.Sie Kemas kecamatan Sedayu dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesenian tradisional di Argosari perlu terus dikembangkan. Pengembangan ini diperlukan, agar Argosari yang tergolong non desa budaya, ke depannya dapat berkembang menjadi dan sejajar dengan desa budaya lainnya di DIY.

Lebih lanjut Eko juga mengharapkan bahwa dalam rangka melestarikan budaya Jawa yang adiluhung ini, para pelaku seninya harus muncul dari generasi muda. Pentas seni yang didanai dari pos danais, sekaligus diselenggarakan untuk menyambut disyahkannya undang-undang keistimewaan DIY, yang salah satu poin pentingnya adalah tumbuh kembangnya budaya lokal.

Sehari sesudahnya pada Minggu siang (26/04) di tempat yang sama digelar juga pentas seni jatilan. Pentas seni oleh Paguyuban Seni Jatilan Krido Muda dalam empat babak ini, diikuti oleh 4 kelompok jatilan. Keempat babak tersebut masing-masing diisi oleh kelompok jatilan anak-anak, kelompok jatilan remaja putra dan putri,  kelompok remaja putri dan kelompok remaja putra saja.

Cukup banyak pelaku seni yang terlibat pada pentas seni jatilan kali ini. Setiap grup rata-rata diikuti oleh 15 orang dan diiringi oleh 10 orang pengrawit dan 2 orang siden. Durasi pementasan untuk setiap grup jatilan, rata-rata 40 menit. Walaupun cukup lama, namun respon masyarakat sangat antusias dengan animo yang cukup banyak. Hal ini terbukti dari pergelaran yang dimulai pukul 13.30 hingga 17.30 tetap dipenuhi penonton. (pf)  



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163