Penyuluhan Transmigrasi di Balai Desa Argosari

Selasa Kliwon, 21 April 2015 12:36 WIB ∼ 1464 Komentar (0)

Foto Berita

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, melakukan penyuluhan transmigrasi di Desa Argosari Sedayu Selasa (21/04). Sasaran peserta yang disuluh adalah mereka yang dipandang sebagai  tokoh masyarakat,  pamong desa, para kepala dukuh, ibu-ibu PKK, pemuka agama maupun tokoh pemuda. Harapannya agar program transmigrasi dapat lebih dikenal oleh msyarakat luas.  

Kenyataan bahwa angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Sedayu dan khususnya Argosari, oleh pemerintah kecamatan yang wakili Ka.Sie Ekbang, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat. Untuk itu informasi yang didapat ini, kiranya dapat disebar luskan kepada anak, cucu maupun tetangga. Hal ini dimaksudkan agar generasi penerus mulai memikirkan alternative untuk mencapai kesejahteraan keluarga.

Ernani, S.Sos yang menyampaikan materi penyuluhan, menekankan bahwa bila masyarakat betul-betul tertarik dengan informasi tentang transmigrasi yang lebih mendalam, mereka siap menyampaikan secara langsung pada pertemuan tingkat pedukuhan maupun RT, walaupun di malam hari. Suatu upaya yang positif dari pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan dan memperkokoh konsep NKRI.

Dalam tahun 2015, Bantul mendapat jatah memberangkatkan 64 kepala keluarga calon transmigran ke 6 lokasi. Diantaranya ke kabupaten OKI Sumatera Selatan 8 KK, kab. Bengkalis Riau 3 KK,  kab. Bulungan Kalimantan Utara 15 KK, Kab Konawe Selatan, Kab. Buton Utara dan Kab. Kolaka Sultra masing-masing 5, 5, 7. Juga ke Kab. Luwu Timur dan Sopeng sebanyak 14 KK serta kab. Gorontalo Prov. Gorontalo 7 KK.

Mereka yang ingin bertransmigrasi, tidak langsung dapat diberangkatkan. Tetapi harus melalui beberapa tahap seleksi, untuk selanjutnya dilatih, baru dapat diberangkatkan menuju lokasi yang sudah ditentukan. Karena cukup banyak peminat, untuk calon transmigran dari Kab. Bantul saat ini, terpaksa harus juga masuk daftar tunggu. Walaupun demikian, kiranya masyarakat Sedayu tertarik bertransmigrasi untuk merenda masa depan yang lebih baik. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163