Sosialisasi Legalitas Proposal

Rabu Pon, 29 April 2015 00:07 WIB ∼ 849 Komentar (0)

Foto Berita

Badan Ketahan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Bantul,  mensosialisasikan kepada  Camat dan koordinator penyuluh pertanian dari 17 kecamatan tentang legalitas proposal, Selasa (28/04). Ada yang berpandangan bahwa proposal dari kelompok tani kepada pemerintah kabupaten maupun propinsi yang harus diketahui penyuluh pertanian, dianggap memperpanjang birokrasi dan tidak ada dasar aturannya.

Karena kelihatannya dipandang penting, sosialisasi tersebut dipimpin langsung Pulung Haryadi Kepala BKP3 dan dimoderatori oleh Bambang Pin Sekretaris BKP3. Dalam sosialisasi tersebut disepakati bahwa mulai awal Mei 2015, semua proposal dari kelompok tani tidak lagi ditanda tangani terlebih dahulu oleh penyuluh pertanian, tetapi cukup hanya oleh desa dan kecamatan.

Namun untuk membantu desa dan kecamatan mensyahkan suatu proposal dari kelompok tani, koordinator penyuluh akan menyerahkan daftar resmi kelompok tani dari masing-masing kecamatan lengkap dengan profil kelompok kepada kepala desa dan camat paling lambat dalam minggu pertama bulan Mei. Selanjutnya setiap tiga bulan sekali, koordinator penyuluh harus mengupdate data kelompok tani untuk disampaikan kepada Kades dan camat.

Ketika ditanya bahwa kalau persoalannya adalah panjangnya birokrasi untuk mensyahkan suatu proposal, lalu bagaimana dengan kebiasaan proposal tersebut ditanda tangani oleh mantri tani terlebih dahulu ?  Pulung tidak ingin menanggapi secara langsung, karena katanya ia hanya bertanggung jawab kepada para penyuluh sebagai aparatnya di lapangan. Tentang masukan dari kecamatan tersebut, akan disampaikan kepada Sekda.

Beberapa masukan lain dari kecamatan tentang adanya permintaan tanggal proposal yang antidatir, Pulung menyerahkan sepenuhnya kepada kecamatan yang mempunyai kewenangan untuk menerima atau menolak. Dari pihak kecamatan yang umumnya diwakili Ka.Sie Ekbang & LH maupun Ka.Sie Pelayanan merasa keberatan untuk menanda tangani proposal kelompok tani yang tanggalnya diantidatir.

Karena selain kelompok tani, ada juga kelompok ternak, perikanan, kelompok perkebunan dan kelompok wanita tani (KWT), Pulung menginstruksikan kepada koordinator penyuluh untuk menyerahkan daftar resmi kelompok2 tersebut kepada desa dan kecamatan, paling lambat akhir minggu pertama Mei 2015 dan mengupdate data tersebut setiap tiga bulan sekali. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah desa dan kecamatan dalam memonitor keberadaan suatu kelompok. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163