Sosialisasi Rehabilitasi Jaringan Irigasi DI Karangtalun (Van Der Wijck – Mataram )

Kamis Wage, 30 April 2015 12:14 WIB ∼ 1163 Komentar (0)

Foto Berita

Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak Kementerian Pekerjaan Umum bersama CV. Pembangunan Jaya sebagai pemenang tender, mensosialisasikan rencana rehabilitas jaringan irigasi tersebut di balai desa Sumber Agung Moyudan Kamis (30/04). Rehabilisasi ini, akan melewati wilayah 5 desa di 2 kecamatan  yakni desa Sumber Agung, Sumber Arum dan Sumber Rahayu kec. Moyudan Sleman serta desa Argosari dan Argodadi kec. Sedayu Bantul.

Rehabilitasi sepanjang kurang lebih 1.700 m tersebut sesuai kontrak dimulai sejak 9 April sampai dengan 4 Desember 2015 atau selama 240 hari kalender. Masa pemeliharaan yang tercantum dalam kontrak adalah 300 hari kalender. Hal yang menjadi perhatian serius dari aparat desa dan petani setempat adalah jadwal pelaksanaan yang dipandang masih kurang jelas dari CV. Pembangunan Jaya.

Menyadari bahwa saat ini lagi musim tanam, petani merasa berkeberatan kalau saat ini langsung dikerjakan. Pekerjaan yang berdampak pada penutupan saluran irigasi akan menyebabkan tanaman padi menjadi rusak. Bila dialirkan sebagian, hanya akan menimbulkan persoalan diantara para petani. Untuk itu diusulkan agar pelaksanaan sebaiknya dimulai pertengahan Agustus 2015.

Dari rembug yang difasilitasi pemerintah kecamatan Moyudan dan pemerintah desa Sumber Agung, dicapai beberapa kesepakatan sebagai berikut : Pada prinsipnya rehabilitas jaringan irigasi DI Karangtalun, disambut baik. Kedua, agar petani tidak dirugikan, pekerjaan di bawah air dapat dimulai awal Agustus 2015. Ketiga, semua pekerjaan di atas air dapat saja segera dikerjaan tanpa menutup aliran air dan kelima, material yang dibutuhkan sudah boleh didrop.

Dari pihak CV Pembangunan Jaya, tetap mengharapkan bisa memperlihatkan progress pekerjaan selama masa yang telah ditentukan. Secara teknis menurut dia, ada banyak cara agar air bisa tetap mengalir secara penuh. Namun cara tersebut juga tetap harus dikonsultasikan dengan aparat pemerintah setempat, agar tidak ada wan prestasi terhadap janji yang menjamin teralirnya air secara penuh, agar tidak timbul masalah diantara petani. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163