Bimbingn Teknis Persampahan

Rabu Legi, 27 Mei 2015 09:06 WIB ∼ 1009 Komentar (0)

Foto Berita

Bertempat di ruang rapat kecamatan Sedayu, Selasa (26/05) Badan Lingkungan Hidup kabupaten Bantul memberikan bimbingan teknis persampahan. Bimbingan teknis tersebut diikuti  30 orang peserta dari 4 desa dari unsur aparat desa, PKK dan kepala dukuh serta staf kecamatan. Bimbingan tersebut dimaksud untuk member pengertian tentang manfaat sampah keluarga, cara memilah dan pengolahnya menjadi produk yang bermanfaat.

Untuk lebih meyakinkan peserta, BLH menghadirkan bu Fajar salah satu pelaku usaha yang mengolah sampah menjadi produk daur ulang dari dusun Metes Argorejo. Selain dapat dijadikan produk daur ulang, Tri Setya Budi dari BLH juga menyampaikan kegunaan lainnya, yakni dapat diolah menjadi kompos atau pupuk organik. Lebih mendalam disampaikan juga pengertian kompos dan kegunaannya bagi tumbuhan.

Dikatakan oleh Budi bahwa kompos adalah pupuk yang dibuat dari sampah organik, melalui proses penguraian oleh mikroba dalam lingkungan yang sesuai. Kegunaannya untuk memperbaiki struktur tanah, mampu menyediakan zat makanan yang dibutuhkan tumbuhan, tanah menjadi lebih gembur dan tanaman bertumbuh lebih sempurna. Untuk itu perlu dipahami bagaimana memilahkan sampah keluarga menjadi 3 bagian yakni sampah organic, plastik dan sampah pecah belah dan bahan berkarat.

Agar bisa diperoleh manfaat yang optimal, dibutuhkan jejaring pengelolaan sampah dalam suatu wilayah tertentu, demikian disampaikan Fajar. Jejaring yang dimaksud adalah proses pengumpulan sampah yang berjenjang dari sampah keluarga sampai pada sampai yang siap diolah kembali. Pada beberapa wilayah hal ini banyak dikenal dengan bank sampah. Untuk wilayah Sedayu sendiri baru terbentuk 2 bank sampah yakni di dusun Juruh dan Metes.

Pada kesempatan tersebut, peserta yang tertarik dengan jejaring pengelolaan sampah seperti Susi dari Argomulyo, sangat berminat mengembangkan pengelolaan sampah di wilayahnya menuju sebuah bank sampah. Susi , meminta pendampingan untuk membentuk bank sampah dan hal ini disanggupi bu Fajar. Sampah yang sering dipandang sebelah mata, ternyata dapat bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi kehidupan. (pf)

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163