Laporan Pendahuluan Kajian Studi Kelayakan Kawasan Industri Sedayu Pajangan

Senin Wage, 25 Mei 2015 09:28 WIB ∼ 1889 Komentar (0)

Foto Berita

Bertempat di ruang rapat Biro Umum, Humas dan Protokol  Setda DIY, CV. Saka Like memaparkan hasil studi kelayakan tentang kawasan industri Sedayu-pajangan yang sudah dicapai, Jumat  (22/05). Berbagai instansi terkait tingkat DIY dan Kabupaten Bantul, diundang pada kesempatan tersebut, termasuk kecamatan Sedayu dan Pajangan. Rapat ini diselenggarakan atas undang Badan Kerjasama dan Penanaman Modal (BKPM) DIY.

Dari pemaparan CV. Saka Like Consultan sebagai pihak ketiga BKPM DIY, dipandang bahwa hasil studi tersebut mengarah pada kajian untuk suatu kawasan industri berikat. Dengan demikian banyak konsekuensi yang harus dirumuskan bagi suatu kawasan seperti itu. Beberapa masukan yang disampaikan pada kesempatan tersebut datang dari Dinas PU DIY, Biro Adm. & Perekonomian, Dinas Perindagkop Bantul, Kec. Pajangan maupun Sedayu. 

PU DIY menyampaikan agar hasil studi benar-benar sesuai kondisi nyata dan bukan rekayasa, mengarah pada kawasan industri ramah lingkungan, harus ada areal seluas 5 ha untuk UMKM dan harus ada kantor bea cukai dalam kawasan itu. Biro Adm & Perekonomian menyampaikan : walaupun belum ada dasar hukumnya, namun kebijakan kawasan industri di DIY adalah non polutan dan perlu kerjasama antara tim ahli agar hasil studi kelayakan antar instansi mempunyai kesimpulan yang sama.

Perindagkop Bantul menyampaikan bahwa kebijakan kawasan industri di Bantul diarahkan untuk industri dengan syarat : ramah lingkungan, padat kerja dan tidak menghasilkan produk yang telah dihasilkan industri kecil. Kecamatan Pajangan mempertanyakan apakah luas wilayah kawasan tersebut sudah memperhitungkan keberadaan kampus UIN yang arealnya sudah pasti dan cukup luas, serta kawasan sentra kerajinan yang sekarang sudah ada. 

Dari diskusi yang berkembang pada kesempatan tersebut, didapat gambaran bahwa hasil studi yang dipaparkan masih jauh dari sempurna. Hal lainnya yakni bahwa saat ini paling tidak ada 3 instansi yang melakukan studi kelayakan untuk kawasan peruntukan industri Sedayu-Pajangan yakni BKPM DIY, Biro Administrasi Perekonomian Setda DIY dan Dinas Perindagkop Kabupaten Bantul. Diharapkan tim ahli dari ketiga instansi tersebut dapat bersinergi, untuk menghasilkan suatu kajian yang sama.

Sementara masih terus dilakukan kajian studi kelayakan kawasan industri Sedayu-Pajangan, beberapa investor sudah mulai menanamkan investasinya di sana berdasarkan rencana detail tata ruang yang disusun oleh Dinas PU Bantul. Di Sedayu sampai akhir Mei 2015, paling tidak sudah ada 3 investor yang segara akan berinvestasi di desa Argodadi yakni PT. Marvel Sport International, PT. Anggun Kreasi Garment dan PT Mayora. 

Tentang kebijakan bahwa kawasan industri di DIY hanya diperuntukan bagi industri non polutan, baru pada tahap wacana, karena sampai saat ini belum ada dasar hukum yang dibuat untuk hal tersebut. Agar lebih terarah dan terencana secara pasti, ketentuan tentang jenis industri yang diperbolehkan, ke depannya harus ada ketentuan yang dituang dalam peraturan daerah baik tingkat DIY maupun Kabupaten. (pf)  



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163