Pembahasan Akhir Study Potensi Air Tanah di CAT yang Belum Ditetapkan

Jumat Pon, 29 Mei 2015 09:41 WIB ∼ 1408 Komentar (0)

Foto Berita

Studi ini dilakukan oleh CV. Cita Prima Konsultan sebagai pihak ketiga dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul. Dari hasil studi yang telah dilakukan, dimintakan tanggapan dan masukan untuk penyempurnaan laporan. Untuk itu, dilakukan rapat pemaparan akhir di aula dinas SDA, Kamis (28/05). Selain CV. Cira Prima Konsultan dan Dinas SDA, diundang juga dinas Pekerjaan Umum Bantul, dinas Perindagkop Bantul, Kecamatan Sedayu, Pajangan dan Kasihan.

Studi potensi air tanah dilakukan pada cekungan air tanah Sleman, Yogyakarta. Termasuk di dalamnya wilayah Bantul. Yang dikaji adalah kondisi geologi, hidrogeologi daerah non CAT dan hasil analis dugaan data geolistrik. Secara mendalam kajian ini mencakup : geometri akuifer, batas daerah imbuhan dan lepasan air, kuantitas dan kualitas air tanah sebagai data dasar penyusunan kebijakan pembangunan wilayah Bantul.

Wilayah yang dikaji adalah sebagian wilayah Sedayu (Argodadi dan Argorejo), Pajangan dan Kasihan yang belum dibuatkan peta data potensi air tanah. Hasil kajian disajikan dalam bentuk narasi dan peta potensi air tanah di ketiga wilayah tersebut. Karena hampir seluruh daerah yang diteliti adalah daerah perbukitan dengan kandungan batuan gamping, maka wilayah tersebut dimasukan dalam ketegori akuifer terbatas dan akuitar.

Akuifer terbatas adalah formasi batuan yang dapat menyimpan dan melalukan air dalam jumlah kecil. Terbentuk dari batu gamping lapuk, dengan ketebalan rata-rata 10 m. Batuan jenis ini banyak terdapat di wilayah Pajangan. Sedangkan Akuitar adalah tubuh batuan batu gamping lapuk yang memiliki susunan sedemikian rupa ketebalan 2 m ), sehingga hanya dapat menyimpan air dalam jumlah yang sangat kecil. Hanya mampu untuk kebutuhan keluarga dan banyak terdapat di wilayah Sedayu.

Dalam sesi tanya jawab dinas SDA meminta agar peta hasil penelitian dibuat di atas peta rencana detail tata ruang Sedayu, Pajangan dan kasihan dalam bentuk overlay map, peta disajikan lebih besar agar mudah dibaca, redaksional banyak yang harus disempurnakan. Kecamatan meminta agar petanya disajikan perkecamatan, diperjelas posisi dusun dan bagiaman kesimpulan untuk pembangunan prasarana jalan di wilayah seperti itu.

Perlu diketahui oleh masyarakat luas bahwa air didaerah perbukitan, pelepasannya hanya melalui retakan bebatuan di sana dan bukan melalui pori-pori tanah, sehingga tidak pada semua tempat atau lokasi dapat ditemukan sumber air. Hal ini sangat berbeda dengan daerah datar, dimana air meresap ke bawah dari pori-pori tanah, sehingga di setiap tempat bisa diperoleh sumber air tanah, Demikian disampaikan Tim Pelaksana CV Cita Prima Konsultan dalam pemaparan tersebut. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163