Rapat Koordinasi Ekbang Dan Lingkungan Hidup

Rabu Kliwon, 6 Mei 2015 10:03 WIB ∼ 890 Komentar (0)

Foto Berita

Menindak lanjuti kebijakan BKP3 kabupaten Bantul tentang legalitas proposal, kecamatan Sedayu dipimpin oleh Sekcam, mensosialisasikan kebijakan tersebut ke seluruh desa di wilayah Sedayu, dalam rapat koordinasi di kantor kecamatan, Selasa (05/05). Dari masing-masing desa hadir Ka.Bag. Ekbang, sedang dari kecamatan, selain Sekcam, hadir Ka.Sie Ekbang & LH, Ka.Sie Pelayanan dan Ka.Sie Pemerintahan.

Agar ada kesepahaman tentang berbagai hal yang terkait dengan suatu proposal bidang pertanian yang diajukan masyarakat, pihak kecamatan Sedayu juga mengundang koordinator penyuluh pertanian dan mantri tani. Namun sayang keduanya tidak bisa hadir tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sehingga tidak ada masukan yang didapat untuk menyempurnakan langkah kebijakan bersama desa dan kecamatan di Sedayu.

Kepala BKP3 Bantul menggariskan kebijakan bahwa, untuk legalitas suatu proposal yang diajukan masyarakat di sektor pertanian, tidak lagi ditanda tangani oleh penyuluh pertanian. Cukup oleh aparat desa dan kecamatan. Kebijakan ini mulai dilaksanakan 11 Mei 2015. Namun untuk membantu pihak desa dan kecamatan, koordinator penyuluh di setiap kecamatan, segera menyampaikan daftar resmi kelompok tani dan berbagai kelompok lainnya di sektor pertanian, serta mengupdate data tersebut setiap tiga bulan sekali.

Dari beberapa pandangan yang disampaikan dalam rapat tersebut, disimpulkan beberapa hal. Pertama pemerintah desa dan kecamatan menunggu penyampaian data oleh koordinator penyuluh paling lambat 8 Mei 2015, sesuai instruksi kepala BKP3. Walau tidak menandatangani proposal, namun penyuluh diharapkan memberi catatan untuk pemerintah desa maupun kecamatan terhadap suatu proposal yang dalam koordinasinya. Data di luar kelompok tani, Gapoktan, P3A dan GP3A, pemerintah desa selain menggunakan data dari penyuluh, juga bisa menggunakan datanya sendiri.

Selain tentang legalitas proposal, juga dibahas rencana pelaksanaan bulan bakti gotong royong masyarakat di masing-masing desa, yang akan ditindak lanjuti dengan surat dari kecamatan. Tentang ijin pembangunan di atas jaringan irigasi, disepakati kabijakan dari kecamatan bahwa harus berujud cor lepas ukuran 1 m, agar mudah diangkat untuk membersihkan saluran. Tentang bintek persampahan 26 Mei mendatang, diharapkan menghadirkan PKK desa dan para dukuh. Sedangkan untuk rencana tera ulang dari badan Meterologi DIY, desa diharapkan dapat mendaftar dan mengundang pemilik alat timbang.

Agar koordinasi bidang ekbang khususnya dapat ditingkatkan, disepakati untuk mengaktifkan kembali Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) yang diketuai oleh Ekbang Argomulyo secara berkala. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163