Rapat Koordinasi Penyempurnaan Proposal Usulan Kegiatan OVOP

Rabu Wage, 20 Mei 2015 11:14 WIB ∼ 1110 Komentar (0)

Foto Berita

Untuk realisasi kegiatan One Village One Product (OVOP) tahun 2016, kecamatan Sedayu mengusulkan 2 kegiatan yakni,  bumi perkemahan gua payaman di desa Argorejo dan showroom sangkar  burung di desa Argosari. Dua proposal yang telah diserahkan, oleh BAPPEDA Bantul dipandang masih perlu disempurnakan. Untuk itu Selasa (19/05) bertempat di ruang rapat kantor kecamatan Sedayu, diadakan rapat koordinasi bersama pihak terkait.

Rapat koordinasi yang dipimpin Novi Astuti Sekcam Sedayu, dihadiri Ka.Sie Ekbang Kecamatan, Lurah Argodadi, Ketua BPD, Carik dan Kabag. Ekbang Argosari, Kabag Ekbang Argorejo, Kadus Kepuhan, Kadus Gunung Mojo, Tapen, Jaten, Botokan, Jurug dan Gayam Desa Argosari serta ketua paguyuban perajin sangkar burung Madu Baru. Untuk proposal bumi perkemahan gua Payaman, masalah pokoknya adalah kesepakatan tentang akses masuk melalui desa Argodadi.

Menuju bumi perkemahan Gua Payaman yang terletak di perbatasan desa Argorejo dan Argodadi, dipandang lebih mudah bila lewat dusun Sumberan Argodadi. Namun demikian, perlu kesepakatan dengan wilayah tersebut, untuk mengajukan permohonan cor blok jalan sepanjang 700 m, dalam proposal yang akan disempurnakan. Menurut Lurah Argodadi, bila melewati Brongkol, jalannya banyak berkelok dan lebih jauh. Kesimpulannya akan diputuskan setelah peninjauan lapangan.

Untuk proposal showroom sangkar burung yang diajukan perajin dari dusun Gunung Mojo, oleh kecamatan peruntukannya diarahkan bagi semua perajin sangkar burung di desa Argosari. Dengan demikian showroom tersebut dapat menjadi salah satu identitas sentra perajin sangkar burung di Argosari. Hal lain yang dibahas yakni tentang kelengkapan fasilitas fisik showroom, manajemen pengelolaan, gambar bangunan, luas tanah kas desa yang akan digunakan, persetujuan BPD dan ijin Gubernur.

Dari pembahasan yang cukup akomodatif saat itu, disimpulkan bahwa konsep proposal sangkar burung yang telah disempurnakan oleh Ekbang kecamatan, akan diselesaikan oleh carik desa Argosari. Kedua proposal yang disempurnakan tersebut, sudah harus masuk ke kecamatan paling lambat akhir Mei 2015. Pada kesempatan tersebut Ekbang Argosari, juga menawarkan pada perajinan sangkar burung, untuk memanfaatkan 4 kios yang saat ini kosong di selatan balai desa, sebagai showroom sementara selama 8 bulan ke depan. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163