Rapat Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Sedayu

Kamis Legi, 7 Mei 2015 18:44 WIB ∼ 569 Komentar (0)

Foto Berita

Bertempat di aula kecamatan Sedayu Kamis (07/05), UPK Sedayu mengadakan rapat pembahasan akhir verifikasi perguliran ke 28. Rapat yang dibuka oleh ketua UPK Andrianus Wisnucahya, dilanjutkan oleh Purwanto ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD), mendengarkan hasil verifikasi dari permohonan pinjaman 30 kelompok perempuan.

Dua tim verifikasi yang terdiri dari Aji Muhminarno, Sabar, Suhartono dan Warsini menyampaikan hasil verifikasi obyektif terhadap masing-masing kelompok berdasarkan 7 kriteria yang ada. Ketujuh kriteria dimaksud : ikatan pemersatu, kegiatan anggota, pengurus kelompok, aturan kelompok, iuran anggota, administrasi kelompok dan jenis usaha.

Dari rekapitulasi hasil survey yang disampaikan secara tertulis, banyak masukan yang diberikan oleh anggota BKAD, Badan Pengawas maupun Ka.Sie Ekbang Kecamatan. Disampaikan agar sebaiknya rekapitulasi hasil survey juga mencantumkan jumlah anggota setiap kelompok & kriteria yang lebih jelas tentang eksistensi jenis usaha anggota kelompok.

Selain dua hal di atas, total nilai pinjaman juga dapat diperlihatkan serta perbaikan redaksional rekomendasi dari tim verifikasi. Rekomendasi tim verifikasi agar tidak saja mencantumkan tingkat kehadiran, tapi yang terpenting adalah besaran pinjaman per anggota dan total pinjaman kelompok yang diperbolehkan, disertai alasan singkat.

Masih ada hal lain yang perlu diperdalam oleh tim verifikasi yakni keberadaan pinjaman lain dari kelompok yang bersangkutan maupun anggotanya, yang berasal dari lembaga keuangan lainnya. Hal ini penting untuk menilai kapabilitas kelompok maupun anggotanya. Sehingga mungkin besaran pinjaman masing-masing anggota bisa berbeda.

Hal prinsip yang perlu diperhatikan dalam bisnis jasa sektor keuangan adalah ketegasan dalam bersikap untuk melepaskan pinjaman. Kondite kelompok maupun setiap  anggotanya, harus sungguh diperhatikan dari catatan terdahulu yang sudah dibuat manajemen. Bagi mereka yang pernah mendapat catatan merah, harus dapat diberi pertimbangan tersendiri.

Walaupun masih banyak perbaikan dari sistim verifikasi pada perguliran yang akan datang, namun rekomendasi verifikator secara garis besar dapat diterima. Untuk kali ini disimpulkan oleh ketua UPK, kenaikan besaran pinjaman per anggota maksimum Rp. 500 rb. Adanya satu kelompok yang mulai tersendat angsurannya, juga sempat dicarikan pemecahan bersama. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163