Sedayu Menuju Kawasan Peruntukan Industri

Senin Pahing, 18 Mei 2015 18:15 WIB ∼ 6036 Komentar (0)

Foto Berita

Sesuai  rancangan terbaru rencana detail tata ruang kecamatan Sedayu 2015 – 2035, sebagian wilayah Sedayu diperuntukan bagi kawasan industri. Wilayah desa yang sebagian besar nantinya akan masuk kawasan peruntukan industri adalah Argodadi dan sebagian kecil Argorejo serta Argosari. Dua perusahaan dalam 2 bulan terakhir yang segera akan membangun usahanya di Argodadi yakni perusahaan sarung tangan PT. Marcel dan PT Anggun Kreasi Garmen.

PT. Anggun Kreasi Garmen yang merupakan anak perusahaan PT. Ameya Livingstyle Indonesia yang berdiri sejak 2006 di Bantul, telah mengajukan ijin prinsip untuk mendirikan perusahaan di bulak Sebathang dusun Bakaldukuh desa Argodadi. Rabu (13/05) bertempat di ruang rapat bidang sarana dan prasarana BAPPEDA Bantul, telah diadakan rapat koordinasi dengan menghadirkan berbagai instansi terkait termasuk dari tingkat DIY.

Dari pemaparan yang disampaikan pimpinan PT. Ameya Livingstyle Indonesia, digambarkan bahwa PT. Anggun Kreasi Garmen akan bergerak di bidang garmen yakni pembuatan pakaian jadi. Hampir sebagian besar produknya akan diekspor ke Eropa maupun Amerika. Untuk itu dibutuhkan tenaga kerja sebanyak 1.500 – 2.000 orang. Lahan pabrik yang dimintakan ijin prinsip seluas 22.900 m2. Rapat koordinasi dilanjutkan peninjauan lapangan.

Menurut jadwal kegiatan yang dibuat, pembangunan pabrik akan dimulai pertengahan Juni 2015 dan rencana operasi mulai November 2015. Kegiatan utama perusahaan ini adalah produksi pakaian jadi dan washing atau pencucian. Karena ada kegiatan washing, banyak instansi yang hadir mengharapkan dengan sangat agar pengolahan limbahnya sungguh-sungguh memperhatikan kadar kesehatan air yang akan dibuang.

Dari sosialisasi yang diadakan terhadap masyarakat sekitar Rabu (06/05) dan berbagai masukan masyarakat, ditanggapi secara proporsional dan prospektif oleh perusahaan. Sehingga kesimpulan yang dapat ditarik saat itu yakni : tidak ada masalah dengan masyarakat dan masyarakat dapat menyetujui serta mendukung rencana pendirian pabrik garmen di bulak Sebathang. Bila ada hal yang dirasa merugikan, agar segera dikomunikasikan langsung dengan pihak perusahaan. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163