Sosialisasi Program SANIMAS Tahun 2015

Jumat Pon, 29 Mei 2015 10:44 WIB ∼ 1718 Komentar (0)

Foto Berita

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul  mensosialisasikan program Sanitasi Masyarakat (SANIMAS) kepada pemerintah kecamatan, desa dan fasilitator kegiatan, Jumat (28/05) di aula Dinas PU. Program SANIMAS merupakan kegiatan pembangunan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) komunal yang didanai APBN tahun 2015. Dalam tahun 2015 DIY mendapat alokasi 28 titik program SANIMAS.

Pada tahun 2015, kabupaten Bantul mendapat alokasi 9 titik yang salah satunya di dusun Plawonan Argosari Sedayu. Setiap titik akan didampingi 2 orang TFL sebagai TFL teknik dan TFL pemberdayaan. Untuk Plawonan, TFL teknik adalah Sigit Widada dan TFL pemberdayaan Heriyanto. Proyek IPAL Komunal yang sudah dikerjakan pada 75 desa di Bantul sebanyak 97 titik. Kegiatan pembangunan IPAL komunal ini benar-benar dikerjakan langsung oleh masyarakat.

Erwin Ka.Sie Sanitasi dinas PU Bantul dalam arahannya menyampaikan bahwa : dalam lomba tingkat nasional, salah satu IPAL komunal dari Bantul mendapat juara III. Kiranya penambahan 9 titik tahun ini, bisa meningkatkan prestasi pengolahan IPAL di Bantul menjadi juara pertama tahun depan. Juga dijelaskan bahwa IPAL adalah unit /alat untuk membuang limbah ke suatu tempat. Hal ini digiatkan, agar masyarakat terhindar dari bahaya bakteri koli.

Lebih jauh disampaikan Erwin bahwa nilai satu titik IPAL Rp. 400 juta. Syarat mendapatkan IPAL komunal, harus mengajukan proposal, menyediakan lahan sedikitnya 100 m2 dan dekat dengan pembuangan ke sungai. Peralatan yang digunakan haruslah yang kualitas terbaik. Dari Satker pengembangan air minum dan sanitasi DIY menyampaikan pula, agar pelaksanaan pembangunan IPAL komunal ini harus benar-benar tertib administrasi dan anggarannya dapat diambil melalui 3 termin.

Erwin juga menyampaikan permintaan agar pemerintah desa dan kecamatan, ikut mengarahkan dan memberi bimbingan pada pelaksanaan kegiatan IPAL yang berlangsung di wilayahnya masing-masing. Serta mendorong masyarakat yang membutuhkan untuk mengajukan proposal ke dinas PU. Prosedur maupun mekanisme dan syarat-syarat teknis lainnya, disampaikan juga oleh salah satu TFL senior pada kesempatan tersebut. (pf).



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163