Sosialisasi Rencana Pembangunan Kampus Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah

Selasa Kliwon, 26 Mei 2015 08:02 WIB ∼ 2174 Komentar (0)

Foto Berita

Perguruan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, merencakan akan membangun kampus terpadu di dusun Ngentak desa Argorejo. Walaupun baru dapat membebaskan tanah seluas 52.487 m2 dari rencana seluas 10 ha, namun sosialisasi terhadap masyarakat sekitar sudah harus dimulai. Bertempat dib alai desa Argorejo, Minggu malam (23/05) Hamdan Hambali mewakili Buya Safii Maarif selaku ketua panitia bersama anggota penitia pendirian Madrasah, mensosialisasikan rencana tersebut kepada warga sekitar.

Dalam uraiannya Hamdan Hambali menyampaikan bahwa kondisi areal yang ada di kampong Ketanggungan, Patangpuluhan dan Bugisan Wirobrajan Yogyakarta, sudah tidak memadai lagi. Untuk perlu dikembangkan ke luar wilayah kota Yogyakarta yang sudah padat. Dan untuk mempertanggung jawabkan sumbangan dari para donatur, di lokasi yang telah dibebaskan, akan segera dipasang plang kepemilikan tanah dan peruntukkannya. 

Kampus yang direncanakan untuk mampu menampung 1000 – 2000 santri dari seluruh pelosok tanah air tersebut, hanya untuk tingkat SLTP dan SLTA dengan rencana bangunan 4 lantai. Rencana pembangunan kampus madrasah tersebut, baru akan dimulai setelah menyelesaikan proses balik nama dari tanah yang sudah dibebaskan saat ini maupun yang diwakafkan. Namun sebelum dimulai, di seputar tanah yang telah dibebaskan, akan terlebih dahulu ditanami pohon mahoni.

Pihak panitia sangat mengharapkan warga disekitar lokasi pendirian kampus terpadu Madrasah, dapat menerima kehadiran Madrasah. Hamdan Hambali juga menjamin bahwa tidak ada hal negative dari kehadiran lembaga pendidikan Muhammadiyah tersebut. Bahkan diprediksi banyak hal positif yang secara langsung bisa dirasakan masyarakat seperti kebutuhan bahan makanan yang bisa dibeli langsung dari masyarakat petani sekitar lokasi.

Pemerintah kecamatan yang diwakili Ka.Sie Ekbang, menyatakan menyambut baik kehadiran lembaga pendidikan Madrasah Mu’allimin di wilayah Sedayu. Kemiskinan masyarakat yang cukup tinggi di wilayah ini, kiranya juga menjadi pemikiran Lembaga pendidikan Mu’allimin, untuk nantinya bisa memberikan akses kepada anak-anak dari KK miskin. Karena diyakini pangkal pokok kemiskinan bermula dari kebodohan, sedangkan kebodohan itu sendiri yang bisa menghasilkan kejahatan dan ketidak teraturan, bisa diatasi dengan pendidikan yang memadai. 

Dalam sesi dialog, hamper semua warga masyarakat yang hadir menyatakan menerima dengan baik kehadiran Madrasah Mu’allimin. Bila pembangunan segera dimulai, agar warga Rt. 34 dan 36 diberitahu, supaya warga memaklumi dan mungkin dapat membantu. Tentang tanah sawah yang sudah dibeli tapi masih disewa orang lain, agar diselesaikan secara bijaksana dengan para penyewa. Hadir pada kesempatan tersebut : lurah deas Argorejo beserta jajarannya, polsek dan Koramil Sedayu serta beberapa tokoh masyarakat setempat. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163