Untuk Kedua Kalinya Tim Bantuan Sosial & Hibah Memantau Kondisi Calon Penerima Bantuan

Senin Pahing, 18 Mei 2015 19:22 WIB ∼ 1007 Komentar (0)

Foto Berita

Tim Bantuan Sosial dan Hibah yang dimotori Bagian Administrasi Pembangunan Setda Bantul, untuk yang kedua kalinya memantau kondisi calon penerima bantuan di wilayah kecamatan Sedayu. Tidak disangkal bahwa masih banyak keluarga miskin di Sedayu. Kali ini dipantau calon penerima bantuan yang berupa lantainisasi dan MCK pada  8 pedukuhan di desa Argodadi dan 8 pedukuhan di Argosari, selama 4 hari sejak Senin (11-18/05).

Warga pedukuhan di desa Argodadi yang dipantau : Dingkikan, kadibeso, Selogedong, Sukoharjo, Bakal, Bakaldukuh, Demangan dan Dumpuh. Sedangkan 8 pedukuhan di Argosari antara lain : Kalijoho, Klangon, Tonalan, Botokan, Gunung Mojo, Jambon, Jaten dan Jurug. Yang dipantau yakni mereka yang tahun lalu telah mengajukan proposal permohonan bantuan sosial dan hibah kepada Pemkab Bantul melalui pedukuhan, desa dan kecamatan.

Hasil pemantauan yang diikuti Ekbang & LH kecamatan Sedayu Senin (18/05), hampir seluruh calon penerima yang dipantau, dipandang layak menerima bantuan. Kondisi fisik rumah tinggal maupun MCK penduduk yang didata, masih sangat memprihatinkan. Hanya sedikit saja yang kondisi rumahnya agak baik, namun lantainya masih belum sehat, karena di sana-sini pecah disebabkan labilnya kondisi tanah, sehingga ada yang ditutupi karpet plastik.

Kesimpulan akhir dari hasil pemantauan di atas, diserahkan sepenuhnya kepada tim yang terdiri dari Bagian Administrasi Pembangunan Setda Bantul, BAPPEDA, DPU dan PMD Bantul. Bantuan sosial dan hibah yang nantinya akan diberikan dalam bentuk uang tunai, hanya boleh dipergunakan sesuai peruntukan sebagaimana proposal yang diajukan masyarakat dan harus dipertanggung jawabkan kembali kepada Pemkab Bantul dalam bentuk laporan disertai bukti-bukti yang telah ditentukan.

Masukan dari Ka.Sie Ekbang & LH kecamatan Sedayu kepada Tim malalui Sumarno staf bagian AP Setda Bantul agar : bagian AP dapat menyampaikan daftar resmi mereka yang telah ditetapkan berhak menerima bantuan sosial & hibah kepada desa dan kecamatan. Hal lainnya yakni tentang lokasi penyampaian bantuan dan sosialisasi kewajiban calon penerima bansos, kalau bisa diadakan di kecamatan mengingat banyak calon penerima yang sudah lanjut usia dan ketentuan batas waktu penyampai SPJ, agar dapat terpantau oleh Desa. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163