Sepercik Harapan di Bulak Jangkrikan

Senin Kliwon, 15 Juni 2015 10:25 WIB ∼ 836 Komentar (0)

Foto Berita

Empat tahun telah berlalu tanpa menggantungkan segenggam harapan pada hasil panen padi di bulak Jangkrikan. Kini melalui dorongan kuat dipertahut Bantul, bulak ini telah menghijau setelah sebulan ditanami padi oleh petani. Secercah harapan mulai menguak, apalagi pada operasi pemberantasan tikus (OPT) Jumat (12/06) oleh BPP Sedayu bersama TNI, tangkapan hanya sedikit, karena memang hama tikus berkurang di bulak ini.

Kalau waktu yang lalu ada 14,7 ha yang dinyatakan berrow atau tidak dapat ditanami padi, kini telah 13,5 ha sawah tersebut sudah ditanami padi dan telah menghijau. Menurut Pajang Ka.Bag Ekbang Argosari ketika ditemui saat OPT di bulak Jangkrikan, diharapkan awal Agustus 2015, petani sudah dapat memanen padi. Dan seterusnya lahan ini diharapkan bisa selalu layak untuk ditanami.

Sambil OPT, sebagian petani mulai menebar pupuk organik pada lahannya masing-masing. Bahkan ada sebagian yang sambil membersihkan gulma dan ada sebagian kecilnya lagi, mulai menanami sawahnya. Tidak bersamanya waktu menanam karena banyak sebab, antara lain sulitnya membajak tanah yang sudah mulai mengeras, bibit padi yang dibantukan, tidak sesuai keinginan petani, sehingga masih mencari bibit padi yang sesuai.

Kini kondisi bulak jangkrikan sudah mulai tertata. Telah ada kesadaran petani untuk menyisihkan sebagai kecil lahannya untuk jalan petani. Sekarang jalan petani di bulak ini, sudah selebar 2 m, sehingga petani akan mudah membawa pupuk ke sawah yang terletak di tengah bulak dengan alat dorong maupun tracktor bajak. Mantri tani menyampaikan, bahwa kelompok tani di sini mendapat bantuan 1 unit hand tracktor dari Bupati Bantul. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163