Sosialisasi Program Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Argomulyo

Rabu Kliwon, 10 Juni 2015 11:14 WIB ∼ 1089 Komentar (0)

Foto Berita

Satu lagi program sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS) didapat masyarakat dusun Plawonan desa Argosari , dalam tahun anggaran 2015. Untuk itu, sebelum proyek tersebut dikerjaan, harus didahului dengan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi oleh dinas Pekerjaan Umum kabupaten Bantul, Selasa (09/06) dibalai desa Argosari, dihadiri Satker Sanitasi dan Air Minum DIY, pemerintah kecamatan Sedayu dan desa Argomulyo serta masyarakat calon pengguna.

Walaupun nantinya akan terletak di dusun plawonan, namun IPAL komunal ini juga akan digunakan sebagian masyarakat dusun Sengonkarang dan Karanglo. Ka.Sie Ekbang kecamatan Sedayu dalam arahannya saat itu, menyambut baik kehadiran program Sanimas tersebut. Masyarakat diharap benar-benar mau memanfaatkan IPAL ini, untuk mengurangi pencemaran air sumur dari bakteri ekoli.

Namun untuk tidak mencemari sungai karena pembungan air dari IPAL yang dibangun, dijelaskan bahwa untuk wilayah kecamatan Sedayu, juga disyaratkan agar pekerjaan fisik pembangunan IPAL hanya boleh dimulai setelah rancangan konstruksi IPAL, khususnya treatment air limbah, disetujui oleh BLH Bantul. Hal ini dimasukan agar air dari sungai-sungai kecil di Sedayu yang bermuara ke sungai progo, tidak mencemari air sungai progo.

Kebijakan ini ditempuh krena adanya bau yang cukup menyengat di dusun Srontakan yang berasal dari air buangan IPAL komunal yang ada di situ. Pemerintah kecamatan berusaha mencagah terjadinya mencemaran air sungai progo, yang digunakan sebagai sumber air baku untuk masyarakat Bantul, Kota Yogyakarta dan Sleman yang disedot di daerah Kamijoro yang terletak di selatan sedayu.   

Walaupun syarat sebuah IPAL komunal harus dapat digunakan oleh minimal 80 KK, namun yang hadir saat sosialisasi tidak sampai 40 orang. Dalam sesi Tanya-jawab, kepala dukuh Sengonkarang menyampaikan bahwa sementara mereka belum mengajukan permohonan IPAL kumunal karena melihat adanya kebocoran di dusun tetangga. Namun setelah mendapat sosialisasi, ke depannya kami akan mengajukan program IPAL Komunal beserta PAMSIMAS.

Kepala dukuh Karanglo menyampaikan ingin mengajukan satu lagi program IPAL komunal untuk wilayahnya karena dirasa masih kurang. Dan meminta pemantauan DPU bila ada bau yang bersumber dari IPAL yang telah dibangun. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163