Pembukaan Pelatihan Industri Untuk IKM Jahit Nirwana

Rabu Kliwon, 15 Juli 2015 11:22 WIB ∼ 977 Komentar (0)

Foto Berita

Dinas Perindagkop Bantul melalui Subdin Perindustrian, mengadakan pelatihan menjahit bagi anggota kelompok jahit Nirwana. Pelatihan yang rencananya dilaksanakan selama 5 hari di dusun Dingkikan Argodadi Sedayu, dimulai 8 Juli 2015. Mereka yang dilatih berjumlah 20 orang, yang diharapkan akan dapat menjadi ketrampilan yang bermanfaat bagi kehidupan mereka nantinya.

Bertempat di rumah Nur Bidaya Rt. 08 Dingkikan, Rabu (08/07), pelatihan tersebut dibuka oleh Agus Raharjo dari dinas Perindagkop Bantul. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa untuk mendukung kegiatan kelompok paska pelatihan, Disperindagkop memberi bantuan 7 mesin jahit, satu diantaranya adalah mesin obras. Mesin bantuan ini telah dilengkapi dengan dynamo, sehingga lebih mudah dengan menggunakan listrik.

Agus juga menjelaskan bahwa; mesin jahit tersebut langsung dapat digunakan oleh kelompok, namun karena soal teknis administratif, statusnya masih dipinjamkan sampai setahun kemudian baru dapat dimiliki. Disperindagkop akan terus memantau perkembangan kelompok, sebagai bahan evaluasi keberhasilan program ini.

Ka.Sie Ekbang Sedayu mewakili pemerintah setempat dalam sambutan dan arahannya, mengharapkan agar warga binaan dapat benar-benar memanfaatkan waktu pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan menjahit. Walau hanya lima hari, namun bila tekun pasti akan mampu memiliki ketrampilan menjahit.

Pelatihan yang hanya lima hari itu, oleh calon instrukturnya dikatakan bahwa para warga binaan akan dilatih membuat rok dan celana kolor. Namun walau masih sangat mendasar dan jenis yang sederhana, diharapkan bisa membentuk ketrampilan dasar menjahit. Disperindagkop juga menyedia bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pelatihan tersebut seperti : kain, benang, kancing, resleting dan lainnya. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163