Penutupan Pelatihan Produk Pengolahan Hasil Pertanian

Selasa Wage, 14 Juli 2015 09:36 WIB ∼ 1138 Komentar (0)

Foto Berita

Setelah melakukan pelatihan pengolahan hasil pertanian selama sebulan, Senin (06/07) bertempat di rumah Yanto dusun Watu Argomulyo, pelatihan ditutup oleh Ka.Sie Ekbang kecamatan Sedayu. Pelatihan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Bantul, dimaksudkan untuk mengurangi angka pengangguran sekaligus menciptakan wiraswasta baru. Demikian dikatakan Siti Astuti saat menyampaikan laporan penyelenggaraan.

Beberapa produk makanan yang dilatih antara lain membuat : kue nastar, abon kluweh, emping cabe, kacang bawang dan dodol waloh. Kegiatan ini tidak saja diikuti para ibu, namun juga para remaja putri, yang semuanya berjumlah 30 orang. \dari lima jenis produk olahan yang dihasilkan, 2 diantaranya cukup menarik yakni abon nabati dan dodol waloh, karena masih langka diproduksi masyarakat.

Selain memberikan pelatihan, BLK juga memberikan peralatan produksi seperti mixer, blender dan beberapa peralatan lainnya. Yang semuanya sangat mendukung kegiatan para ibu dan remaja memulai kegiatan wirausaha. Jika diamati secara saksama, modal usaha yang dibutuhkan untuk berusaha, tidaklah besar. Tinggal mencari tempat usaha yang representative dan promosi usaha yang efektif, diyakini apa yang diharapkan bisa tercapai.

Dalam sambutan singkatnya, Ka.Sie Ekbang kecamatan Sedayu berpesan kepada warga binaan, agar tidak menggunakan bahan pengawet makanan, yang mungkin saja berbahaya bagi kesehatan manusia. Cukuplah dengan bahan natural saja dan dengan cara alami, untuk mampu menghasilkan produk olahan yang bisa bertahan lama. Di sini, nurani harus betul digunakan, sehingga menjadi berkat bagi kehidupan kita.

Saat penutupan para warga binaan atas inisiatif sendiri, memberikan produk makanan olahan hasil pelatihan, kepada para pembina. Selain untuk kenangan, tentunya juga sebagai media promosi perdana, usaha yang akan dijalankan mereka. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163