Sosialisasi Pematian Air Jaringan Irigasi Prangkok, Timoho

Jumat Legi, 31 Juli 2015 09:19 WIB ∼ 889 Komentar (0)

Foto Berita

Bertempat dibalai desa Argomulyo Selasa (28/07) diadakan sosialisasi renovasi bangunan jaringan irigasi Prangkok dan Timoho. Renovasi yang akan berlangsung selama 2 bulan tersebut membawa konsekuensi pematian aliran air pada jaringan tersebut secara berkala. Untuk hal itu, para pemangku kepentingan seperti  : pemerintah desa Argomulyo, dukuh Karanglo, Panggang, Kemusuk Lord an Kemusuk Kidul, kelompok tani maupun Gapoktan, P3A dan GP3A dihadirkan.

Jaringan irigasi Prangkok segera akan dikerjakan mulai pertengahan Agustus sampai akhir September 2015 oleh CV. Karya Anindya. Sedangkan jaringan irigasi Timoho akan dimulai awal Agustus oleh CV. Karya Mandiri. Ngadiran Dari badan sumber daya air DIY dalam arahannya, memperlihatkan foto-foto kondisi bangunan jaringan irigasi, yang di sana sini sudah cukup memprihatinkan.

Lebih lanjut Ngadiran juga mengharapkan pengertian dan pengorbanan para petani, bila dalam pengerjaan fisik nantinya, terpaksa supply air untuk para petani, agak terganggu. Memang dibutuhkan pengorbanan untuk sesuatu yang akan menjadi lebih baik kelak dalam waktu yang cukup panjang. Sosialisasi yang dimoderatori Purwanto Ka.Bag Ekbang desa Argomulyo, berlangsung cukup dinamis, terbuka dan saling memahami.

Beberapa pemikiran, saran dan usul antara lain bahwa kebocoran air sampai 40 % disebabkan karena dasaran jaringan irigasi tidak diberi dasar semen lantai. Juga diharapkan agar petani tebu tidak membuat saluran kecil air yang terlalu dekat dengan jaringan irigasi, karena akan berakibat pada patahnya bangunan irigasi. Masukan dari petani kepada pelaksana proyek, agar melalui satu pintu yakni Kabag Ekbang desa Argomulyo atau dukuh.

Dari berbagai masukan, saran dan usul, akhirnya disimpulkan bahwa selama masa pengerjaan, air pada jaringan irigasi Prangkok dan Timoho hanya akan dialirkan mulai malam minggu sampai dengan senin pagi. Bila dimungkinkan pada saat pematian air, kebutuhan air para petani akan diusahakan dialirkan lewat jaringan Brongkol yang diatur oleh Jaiman selaku petugas pengairan desa. Tentang saluran kecil pada kebun tebuh akan dikerjakan secara gotong royong. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163