Panen Perdana di Musim Kemarau pada Bulak Jangkrikan

Kamis Legi, 20 Agustus 2015 12:57 WIB ∼ 1006 Komentar (0)

Foto Berita

Sawah di bulak Jangkrikan dusun Jurug Argosari Sedayu seluas  14,7 ha yang selama 4 sampai 5 tahun terakhir mengalami puso, Rabu (19/08) panen perdana. Acara panen perdana dihadiri Irjen kementerian Pertanian, Justan Riduan Siahaan, Danrem 072 Yogyakarta, Plt. Bupati Bantul Sigit Sapto Raharjo, para komandan kodim se DIY, Bulog DIY, BPTP DIY, Ka. Dinas Pertanian Bantul dan BKP3 Bantul, Muspika Sedayu, Lurah Argosari dan Argorejo, kelompok tani Marsudi Lestari dan para tamu undangan.

Panen pada lokasi ini memang sedikit berkesan, karena lahan sawah pada bulak ini sudah lama tidak diolah petani, disebabkan banyaknya serangan hama tikus. Dengan motivasi yang kuat dari dinas pertanian Bantul dibantu Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) DIY dibantu BKP3 Bantul, Muspika Sedayu dan jajaran TNI AD, sejak awal Mei 2015 bulak ini mulai ditanami padi kembali. Dari 14,7 ha yang berro, lahan yang berhasil ditanami padi seluas 14 ha.

Dalam laporan Wagiyono ketua kelompok tani Marsudi Lestari, disebutkan bahwa dari  14 ha lahan yang ditanami, hanya 2 ha masih mengalami gangguan hama tikus. Petani merasa sangat terbantu dengan adanya motivasi kuat dari dinas pertanian dengan memberikan bantuan bibit, pupuk maupun traktor serta menggiatkan usaha bersama memberantas tikus, sehingga lebih dari 1000 ekor tikus berhasil dibasmi.

Pada panen kali ini dilaporkan juga oleh Wagiyono bahwa hasilnya mencapai 7,1 ton per ha, sehingga untuk keseluruhan bisa mencapai 80 ton lebih. Dari pengamatan di lapangan, separuh lebih lahan sudah siap dipanen, sedangkan sebagiannya menunggu 2 minggu ke depan juga akan menyusul siap dipanen. Justan Riduan Siahaan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berperan aktif untuk menghidupkan lagi lahan tidur di dusun Jurug ini.

Rangkaian acara panen perdana di bulak Jangkrikan, diawali dengan panen padi oleh Irjen, Danrem, Plt Bupati Bantul, para Kodim, Kadis Pertanian, anggota DPRD dan Muspika Sedayu di bulak sisi barat kali. Setelah itu diteruskan sambutan-sambutan oleh Bupati, Danrem dan Irjen.  Acara panen perdana diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Irjen Kementrian Pertanian dan disampaikan kepada ketua kelompok tani Marsudi Lestari, doa penutup oleh lurah argosari Hidayaturachman dan makan sego wiwitan bersama. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163