Pelatihan Budidaya Padi Bagi Petani Argorejo

Jumat Pahing, 21 Agustus 2015 13:02 WIB ∼ 1027 Komentar (0)

Foto Berita

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP) DIY melakukan pendidikan dan pelatihan budidaya padi bagi petani desa Argorejo. Pelatihan yang diikuti 20 orang petani tersebut berlangsung selama 5 hari mulai 21 Agustus 2015, bertempat di sekretariat P4S dusun Kepuhan Argorejo Sedayu. Pelatihan yang dibuka secara resmi oleh Bambang Pin Sekretaris BKP3 Bantul, dihadiri pula oleh Lurah Argorejo dan Ka.Sie Ekbang kec. Sedayu.

Bambang Pin dalam sambutan pembukaannya menyampaikan rasa terima kasih kepada UPTD BPSDMP DIY yang telah membina petani di Bantul khususnya desa Argorejo. Juga disampaikan bahwa target produksi pangan tahun 2015 telah ditetapkan sebesar 203 ribu ton, dan saat ini baru mencapai 180 ribu ton. Untuk itu para petani diminta dapat mencernah sungguh-sungguh berbagai strategi budidaya padi agar bisa meningkatkan produktivitas.

Dalam kesempatan yang sama lurah Argorejo meminta petani peserta latihan, agar mengikuti dengan seksama dan upayakan tidak sampai membolos. Pengetahuan tentang budidaya padi yang diberikan secara cuma-Cuma ini, sebetulnya mahal harganya karena berbagai strategi cara budidaya padi yang dinamis tersebut, ditemukan dari hasil penelitian yang mendalam yang melalui tahap uji coba.

Demikian pula dengan apa yang disampaikan Ka.Sie Ekbang kec. Sedayu, mengharapkan agar petani tidak tergiur untuk menjual lahan pertaniannya yang subur. Letak wilayah Sedayu yang strategis menuju bandara international di Temon yang akan dibangun, wilayah Sedayu selatan yang akan menjadi kawasan industry dan terbukanya wilayah ini untuk pengembangan perumahan, tidak menjadikan petani tergoda untuk menjual lahan pertaniannya.

Menurut Nunung Nurlela widyaiswara dari BPSDMP DIY, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan berbagai strategi dan teknik budidaya padi, yang akan meningkatkan produktivitas. Pola tanam seperti tajawo dan sri, perlu diperdalam untuk dipahami sungguh-sungguh dalam implementasinya. Juga akan disampaikan cara lainnya budidaya padi hasil kajian dan penelitian mendalam melalui rangkaian uji coba dan eksperimen. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163