Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kelompok Dumpuh Bakery

Jumat Pon, 7 Agustus 2015 10:37 WIB ∼ 833 Komentar (0)

Dinas Perindagkop Bantul melalui bidang koperasi, melakukan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu di dusun Dumpuh tanggal 3 – 6 Agustus 2015. Pelatihan selama 4 hari tersebut diisi 2 hari materi kewirausahaan dan 2 hari berikutnya praktek pembuatan roti. Menurut Panggih staf bidang koperasi, selain kegiatan pelatihan, juga diberikan bantuan peralatan yang nantinya dapat digunakan untuk pembuatan roti.

Dari 20 orang yang dibina, 4 orang diantaranya sudah cukup mengenal proses pembuatan roti. Panggih juga menjelaskan bahwa semua yang dibina ini, nantinya dapat berkelompok dalam satu usaha sejenis. Untuk itu selain praktek pembuatan roti, mereka juga dibekali dengan materi kebijakan pemerintah di bidang UKM, hygienitas produk makanan, teknik pemasaran dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam pada itu, Ka.Sie Ekbang kec. Sedayu memberikan motivasi usaha yang bebas dari bahan pengawet maupun pewarna yang membahayakan kesehatan manusia. Mencari nafkah dengan mengikutsertakan nurani, sangat diperlukan karena kemanusiaan semakin menipis oleh persaingan hidup yang begitu ketat. Ka.Sie Ekbang Sedayu juga mengharapkan Disperindagkop, dapat merintis kemitraan kelompok ini dengan Perusahaan Bogasari Sri Ratu Raya.

Memang telah banyak aktivitas pemberdayaan masyarakat yang diprogramkan pemerintah kabupaten Bantul. Diantaranya yang dilakukan oleh Dinas Perindagkop. Namun keberhasilan program itu sendiri, tergantung dari niat dan tekad masyarakat penerima program. Ketrampilan praktis telah diberikan, wawasan usaha telah dibuka dan pangsa pasar masih cukup luas, sehingga diharapkan akan membantu meningkatkan trata ekonomi keluarga.

Lebih lanjut Panggih juga menyampaikan manfaat yang akan diterima kelompok produsen roti ini, bila nantinya bisa bermitra dengan Si Ratu Boga Raya. Bila kemitraan itu terjalin, bahan baku terigu yang dibutuhkan akan dapat didrop langsung ke alamat kelompok. Pelatihan yang lebih intensif teknik pembuatan roti akan dibimbing langsung, biaya pertemuan rutin kelompok akan dibantu dan sesewaktu dapat diajak untuk melakukan studi banding. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163