Persiapan Pengakhiran PNPM-MPd

Kamis Pon, 27 Agustus 2015 13:02 WIB ∼ 1228 Komentar (0)

Sesuai surat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  nomor  134/DPPMD/VII/2015 tertanggal  13 Juli 2015, bertempat di ruang rapat kec. Sedayu Rabu (26/08), pengurus Badan Kerjasama Antara Desa (BKAD) Sedayu mengadakan rapat persiapan pengakhiran Program Nasional Pengembangan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd). Selain pengurus BKAD, hadir pula pendamping desa/fasilitator,  UPK dan Kasie Ekbang kecamatan.

Ada 3 langkah pengakhiran PNPM-MPd : pendataan sarana prasarana, penataan dana bergulir dan penyelarasan kelembagaan BKAD. Seluruh sarana dan prasarana fisik serta dana bergulir hasil kegiatan PNPM-MPd, selanjutnya akan diserahkan menjadi milik desa, lembaga lainnya ataupun perseorangan. Untuk memahami pengakhiran program sesuai pedoman dari kementrian Desa PDTT, Bayu fasilitator kab. Bantul memberikan penjelasan secara singkat langkah-langkah yang harus ditempuh BKAD maupun pemerintah desa.

Bayu selanjutnya menjelaskan bahwa pengakhiran PNPM-MPd harus dilakukan secara transparan dan akuntabel, yang dimulai dengan sosialisasi. Pengambilan keputusan dilakukan secara partisipatif melalui forum mudes atau musyawarah antar desa (MAD). Lebih jauh dijelaskan pula bahwa status kepemilikan sarana prasarana yang ada bukti sah milik desa langsung menjadi asset desa, yang berpotensi menjadi asset desa namun belum memiliki bukti sah, pemerintah desa segera mengurus pengalihan asset tersebut.

Yang disepakati menjadi milik pihak lain, dibuatkan dokumen alih kelola atau alih kepemilikan. Sedangkan sarpras yang secara fifik berada di desa lain, tetap menjadi asset desa yang bersangkutan, sedangkan pemanfaatannya bisa dengan izin pakai, kerjasama antar desa, sewa atau jual beli. Dana bergulir hasil PNPM-MPd  tidak akan dikelola oleh masingmasing desa, tetapi tetap menjadi asset seluruh masyarakat desa dalam kecamatan yang bersangkutan yang dikelola oleh BKAD sebagai represntasi masyarakat desa.

Untuk penyelarasan kelembagaan, struktur BKAD yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara, akan dilengkapi minimal dengan 3 bidang : bidang peningkatan kapasitas kelembagaan dan kelompok, bidang monitoring UPK/dana bergulir dan bidang kerjasama/jaringan. Sasaran tugas dan fungsi BKAD sesuai ketentuan UU Desa meliputi pengembangan ekonomi masyarakat, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Mengingat adanya keterbatasan waktu untuk memproses pengakhiran PNPM-MPd, Ka.Sie Ekbang Sedayu menyarankan agar inventarisasi sarpras yang akan diserahkan menjadi milik desa, dilengkapi dengan data ukuran maupun nilai sesuai perolehannya. Dan agar langkah-langkah pengakhiran sesuai dengan pedoman, segera dibuatkan time schedule aktivitas yang harus dikerjakan oleh semua pihak terkait atas masukan BKAD. (pf)  



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163