Sekolah Lapangan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian

Rabu Kliwon, 19 Agustus 2015 13:21 WIB ∼ 1199 Komentar (0)

Foto Berita

Dinas Pertanian dan Kehutanan kabupaten Bantul, melakukan pelatihan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, bagi kelompok pesona jamur di Klangon Argosari Sedayu. Pelatihan berlangsung selama 2 hari, Senin – Selasa (10-11/08) di rumah Darmilah dusun Klangon. Materi utama dalam pelatihan ini yakni mengolah jamur menjadi nagged jamur dan materi tentang syarat mendapatkan PIRT dan keamanan pangan dari dinas kesehatan.

Kegiatan di atas diikuti oleh 16 orang pembudidaya jamur untuk dapat menghasilkan aneka produk makanan dari jamur. Sampai saat ini beberapa produk makanan dari bahan jamur yang telah dihasilkan selain jamur mentah antara lain : kripik jamur, pepes jamur, sate jamur abon jamur dan beberap jenis minuman herbal dari jamur. Naged dipandang sebagai produk  yang mudah diolah dengan campuran bahan lainnya, namun rasa jamur tetap kentara.

Saat menyampaikan sambutannya, Ka.Sie Ekbang kec. Sedayu meminta pada peserta latih, untuk benar-benar menyimak semua materi yang diberikan. Hindari sejauh mungkin penggunaan bahan pengawet makanan yang berbahaya dan agar dicantumkan masa kadaluwarsanya. Dan setelah berhasil mengolah jamur menjadi nagged, mentalitas usaha harus ditingkatkan, untuk mencari terobosan pasar melalui berbagai event yang ada.

Kelompok pesona jamur yang diketuai Rokijan, sebenarnya sudah cukup lama terbentuk dan bergerak di sector budidaya jamur secara mandiri per pribadi. Sampai saat ini telah dirasakan bahwa penghasilan dari budidaya jamur ini, mampu menopang penghasilan keluarga, sehingga mereka tetap eksis dan mendapat atensi pemerintah dalam pembinaan kelompok. Ka.Sie Ekbang desa Argosari terus memberikan dorongan dan motivasi kepada kelompok ini. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163