Saluran Gantung Irigasi Pertanian di Dusun Polaman Segera Dibuka

Selasa Kliwon, 13 Oktober 2015 06:34 WIB ∼ 1046 Komentar (0)

Foto Berita

Perbaikan saluran irigasi peninggalan zaman kolonial yang terletak di dusun polaman di atas kali Konteng dan berbatasan langsung dengan wilayah desa Argodadi, segera akan berfungsi kembali. Demikian disampaikan Santoso, penanggung jawab lapangan dari CV. Cahaya Laksana yang mengerjakan proyek tersebut kepada tim pemantau kegiatan pembangunan kec. Sedayu yang terdiri dari Sekcam, Ka.Sie Ekbang & LH Kec. Sedayu dan Lurah Argorejo.

Saluran gantung sepanjang 56 m yang sedianya sudah harus selesai 8 Oktober 2015, diperpanjang waktu pelaksanaannya selama 1 bulan. Menurut santoso ketika ditemui di lokasi proyek Senin (12/10), perbaikan yang rencananya hanya mengganti seng plat dengan lembaran plat baja tersebut,  ternyata juga harus mengganti beberapa batangan besi yang menjadi landasan saluran, karena sudah mengecil karena termakan karat besi.

Kondisi yang tidak diperkirakan dan dianggarkan sebelumnya yakni mengganti beberapa batangan besi, terpaksa harus dikerjakan agar saluran tidak cepat ambruk. Dari panjang saluran yang dikerjakan 56 m, tinggal 7-8 m saja yang belum selesai. Santoso juga menjelaskan bahwa lebar saluran yang hanya 60 cm di atas ketinggian kali Konteng 20-30 m, hanya dapat dikerjakan 2 tenaga kerja.

Namun saluran yang cukup vital bagi petani di wilayah Argodadi khususnya dusun Sumberan, Selogedong, Sungapan Dukuh dan Sungapan serta wilayah Triwidadi Pajangan, dipastikan oleh Santoso, paling lama 2 minggu lagi akan dibuka. Tentunya hal ini sangat menggembirakan petani di desa Argodadi khususnya, karena sudah sebulan lebih tidak dapat mengolah sawahnya yang kekeringan.

Saat berbincang dengan Santoso, ia juga mengeluhkan adanya ulah pihak tertentu yang mempermasalahakan lamanya pekerjaan proyek, tanpa memahami kendala teknis yang dihadapi di lapangan. Untuk lebih memberi keyakinan pada tim pemantau dari kecamatan, Santoso sempat bertukar nomor handphone dengan lurah Argorejo. Tim pemantau dapat memahami kendala yang dihadapi dan mengharapkan agar dapat selesai 2 minggu ke depan. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163