Sedayu Ditinjau Tim Monev Inventarisasi Aset PNPM-MPd

Rabu Pon, 21 Oktober 2015 08:36 WIB ∼ 777 Komentar (0)

Foto Berita

Dengan berakhirnya program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (PNPM-MPd) di seluruh Indonesia per  31Des 2014, semua asset baik fisik maupun dalam bentuk dana bergulir, harus didata untuk dijadikan asset desa. Untuk itu sesuai pedoman pengakiran PNPM-MPd, ada beberapa tahap yang harus dijalankan. Satu diantaranya yakni pendataan inventaris yang berasal yang pendanaan program tersebut di atas.

Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) selaku leading sektor, membentuk tim monitoring dan evaluasi untuk memantau proses pengakhiran program tersebut. Kecamatan Sedayu mendapat giliran dikunjungi Selasa (20/10). Bertempat di aula kecamatan, tim yang beranggotakan 6 orang dipimpin Riyanto Ka.Sie UED dan Pemberdayaan TTG, diterima Ka.Sie Ekbang kec. Sedayu beserta lurah, ketua BPD dan Ka.Sie Ekbang 4 desa di Sedayu.

Riyanto menjelaskan bahwa kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan sharing atas berbagai kendala yang mungkin dihadapi desa dalam melakukan pendataan inventaris fisik hasil program PNPM-MPd, maupun kondisi dana bergulir. Prinsipnya bahwa seluruh asset fisik untuk kepentingan public yang tidak dikelola secara khusus oleh lembaga tertentu, agar dimasukan sebagai asset desa. Sedangkan untuk dana bergulir akan direncanakan status badan hukumnya.

Dari laporan desa-desa, baru desa Argorejo yang telah melakukan Musyawara Desa (Musdes) sedang 3 desa lainnya dalam persiapan. Kendala utama yang dihadapi adalah bersamaan waktunya dengan pelaksanaan APBDes, dimana 2 desa yakni Argosari dan Argomulyo terpaksa harus melakukan perubahan APBDes. Walaupun demikian, Riyanto mengharapkan agar seluruh desa sudah dapat melaksanakan Musdes pada akhir Oktober ini. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163