Bimtek Peran Kecamatan Sebagai Evaluator

Selasa Kliwon, 17 November 2015 12:07 WIB ∼ 1079 Komentar (0)

Foto Berita

Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sejak tahun 2015, dipandang semakin komplek dengan adanya Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Pola penyusunan anggaran seperti layaknya SKPD, mungkin bagi desa masih baru dan perlu pendampingan. Untuk itu kecamatan ditunjuk sebagai evaluator APBDes di wilayahnya masing-masing.

Agar kecamartan melalui Ka.Sie Tata Pemerintahan dan Ka.Sie EKbang & LH memahami tugas dan tanggung jawabnya, diadakan bimbingan teknis oleh Kabupaten Bantul Senin (16/11) di ruang rapat Pemda Bantul lantai III sayap barat. Hadir dari Sedayu P. Fernandez dan Esti Sari Wulan. Bimbingan teknis diisi oleh Parman dari Bagian Hukum, Inspektur, Nanang dari Bagian Pemdesa dan Anas dari DPPKAD Bantul.

Parman dalam paparannya menyampaikan bahwa sebagai nara sumber sebetulnya dia sendiri belum pernah mendapat bimtek. Namun materi yang diberikan, semuanya berdasar pada peraturan perundang-undangan yang ada. Disampaikan bahwa sebagai evaluator, kecamatan harus membentuk satu tim untuk mengevaluasi APBDes sebelum ditetapkan, saat pelaksanaan dan ketika dipertanggung jawabkan.

Intinya setiap program/kegiatan yang ada dalam APBDes, harus tercantum dalam RKPDes. Pagu anggaran kegiatan dalam RKPDes boleh berbeda dengan pagu dalam APBDes. Bila ada kegiatan yang tidak tercantum dalam RKPDes, harus dievaluasi dan disarankan untuk dimasukan dalam perubahan APBDes setelah melakukan perubahan RKPDes.

Demikian pula dengan dana transfer yang dituangkan dalam APBDes harus sesuai penetapan Pemkab tentang ADD, DD, bagi hasil pajak dan retribusi daerah dan bantuan khusus keuangan. Sedangkan mengenai pendapatan asli desa, agar disesuaikan dengan potensi desa masing-masing dan pastikan angkanya yang realistis.

Sedangkan Nanang dari Bagian Pemerintahan Desa menjelaskan bahwa ada 5 hal pokok yang perlu dievaluasi kecamatan. Antara lain Surat Permohonan Pecairan (SPP), RAPBDes, Realisasi keuangan dan fisik, laporan pertanggung jawaban dan buku kas. . Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk program fisik, agar desa merencanakan honor perencana. Sedangkan untuk kegiatan koordinasi, agar dicantumkan rapat koordinasi pemerintahan umum.

Saran juga disampaikan oleh Parman agar sebaiknya RAPBDes 2016 sudah harus disepakati oleh BPD pada 30 November 2015. Dengan demikian ada waktu 2 minggu pada awal Desember oleh kecamatan untuk melakukan evaluasi, sehingga sebelum 31 Desember 2015 Perdes tentang APBDes telah ditetapkan. Inspektur juga mengingatkan agar evaluasi yang dilakukan oleh kecamatan dibuatkan kerja kerja atau cek list maupun notulen. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163