Jaringan Irigasi Madean Wilayah Argodadi ke Selatan Belum Bisa Dialirkan

Selasa Kliwon, 17 November 2015 08:27 WIB ∼ 902 Komentar (0)

Foto Berita

Setelah perbaikan talang gantung di dusun Polaman yang melewati kali Konteng selesai dibangun, air pada jaringan irigasi madean ini tetap belum dapat dialirkan. Hal ini dikarenakan ada bagian jaringan yang landasan irigasinya ambles dan mengalami retak pada kiri kanan dinding saluran.

Untuk mengetahui kondisi sebenarnya, Senin (16/11) Ka.Sie Ekbang Sedayu bersama mantri tani diantar Ka.Sie Ekbang desa Argodadi, meninjau langsung lokasi jaringan yang mengalami kerusakan. Amblesnya landasan jaringan sedalam 20 sampai 30 cm sepanjang kurang lebih 3,5 m, diperparah lagi dengan patahnya dinding saluran sebelah kiri kanan di lokasi yang sama, terletak di bulak Jokeling dusun Selogedong.

Akibatnya saluran irigasi ini belum dapat dialirankan setelah dilakukan uji coba. Menurut Umar Dani ketua GP3A Madean, jika dialirkan air akan habis sampai lokasi tersebut saja. Untuk itu perlu perbaikan segera yang sifatnya darurat. Setelah melapor ke balai besar Dumber Daya Air DIY yang bertanggung jawab atas saluran sekunder, Umar Dani juga melapor ke SDA Bantul dan Desa Argodadi.

Harapan Umar Dani agar ada instansi pemerintah yang mau dengan cepat melakukan perbaikan, mengingat petani di wilayah Argodadi dan Triwidadi sudah cukup lama tidak bisa mengolah sawah. Perkiraan Umar Dani hanya dibutuhkan dana sebesar Rp. 10 juta untuk perbaikan tersebut.. Namun Umar Dani sendiri bingung, apa mungkin dapat diatasi dalam waktu singkat. (pf)



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163