Musrenbang Kecamatan Sedayu Tahun 2016

Jumat Legi, 26 Februari 2016 14:42 WIB ∼ 1697 Komentar (0)

Foto Berita

Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan, yang dikoordinasikan oleh Bappeda dan dilaksanakan oleh Camat. Untuk Kecamatan Sedayu telah dilaksanakan Musrenbang Tk Kecamatan pada Kamis, 25 Februari 2016 di Aula Kecamatan Sedayu.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs Riyantono, Msi., DPRD Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Drs Timbul Harjana dan Widodo, A.md, Camat Sedayu (Priya Atmaja, SH), Kapolsek Sedayu, Danramil Sedayu. Selain itu perwakilan dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kab. Bantul maupun dari Pamong Desa, Perangkat Kecamatan, LPMD se Kec. Sedayu, BPD se Kec. Sedayu, Ketua Penggerak PKK se Kec. Sedayu.

Mengawali kegiatan Musrenbang seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai wujud cinta tanah air. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Sedayu Priya Atmaja, SH. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul dan seluruh peserta Musrenbang yang hadir. Musrenbang Tahun 2016 ini juga untuk memantapkan perencanaan Tahun 2017 yang telah dirumuskan oleh pihak Desa di Kec. Sedayu dengan harapan dapat terealisasi nantinya.

Camat  Sedayu dalam paparannya menyampaikan mengenai potensi Kecamatan Sedayu. beliau juga menyampaikan beberapa permasalahan yang ada di Kecamatan Sedayu, diantaranya :

1.Permasalahan di bidang pertanian :

Sepanjang wilayah perbatasan Sedayu-Moyudan-Gamping merupakan wilayah endemis Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Tikus. Terdapat wilayah rawan kekeringan (sebagian Argodadi & Argosari).

2.Permasalahan mendasar terkait kemiskinan adalah kebutuhan Data Dasar byname Gakin yang Akurat serta perlunya evaluasi program/kegiatan pengentasan kemiskinan.

3.Terkait pendidikan, perkelahian antar pelajar masih sering terjadi.

4.Adanya peraturan maupun kebijakan  pemerintah dan pemerintah daerah yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembanguna daerah, misalnya terkait honor GTT/PTT TK/PAUD, Bantuan kepada kelompok, pemberian penghargaan kepada kader (posyandu, jumantik, dll)

5.Terkait pembangunan infrastruktur dan fasum terbatas penanganannya sesuai kewenangan (pusat/provinsi/kabupaten/desa). Misalnya kerusakan jalan /jembatan/saluran irigasi, dll tidak dpt diakomodir karena statusnya kewenangan desa meskipun sangat penting/dibutuhkan masyarakat.  Perlu ada kebijakan tentang dana darurat / tidak terduga yang lebih fleksibel untuk penanganan mendesak (misal kerusakan jaringan irigasi, warga tuna wisma meninggal).

6.Kurangnya SDM dan Sarpras pendukung pelayanan PATEN.

7.Perlunya komitmen bersama, arah kebijakan  yang jelas dan terpadu , serta berkelanjutan program PAS (Potensi Andalan Setempat).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs Riyantono, M.Si dalam arahan dan petunjuknya menyampaikan bahwa kita harus mendukung program – program kerja bupati dan wakil bupati baru periode 2016-2021. Beliau juga menyampaikan bahwa ada 3 hal yang menjadi program prioritas yaitu :

  1. Peningkatan Bidang Pendidikan
  2. Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat
  3. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Selanjutnya Musrenbang dilakukan sidang tingkat Komisi yang dibagi menjadi 4 Komisi. Komisi I Bidang Pemerintahan dipimpin oleh Kasi Tapem Kec. Sedayu Esti sari Wulan, SE., Komisi II Bidang kesejahteraan rakyat dipimpin oleh Kasi Kemasyarakatan Drs. Eka Agus Raharja, Komisi III membahas Bidang Ekonomi dipimpin Kasi Ekbang Drs. Petrus Claver Fernandez dan Komisi IV Sarana dan Prasarana dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan Sedayu Novi Astuti, ST, MT.

Dengan adanya  Musrenbang ini diharapkan bisa membawakan hasil yang bermanfaat kepada masyarakat Sedayu  dan paparan dari Camat Sedayu bisa ditangkap dari komisi-komisi yang ada, sehingga saran dan masukan serta usulan-usulan tadi bisa dimasukkan dalam pembangunan Tahun 2017 yang akan datang (dych)

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163