Sedayu Pilot Project Pertanian Modern

Jumat Legi, 26 Februari 2016 14:47 WIB ∼ 1276 Komentar (0)

Foto Berita

Selasa 23 Februari 2016 telah dilaksanakan percontohan pertanian modern di Bulak Semampir, Argorejo, Sedayu yang diantaranya dilaksanakan panen raya padi dengan alat mesin combine harvester, percepatan pengolahan tanam menggunakan traktor mini roda 4 dan hand traktor serta percepatan tanam padi menggunakan mesin tanam padi rice transplanter. Acara yang semula direncanakan akan dihadiri Irjen Kementerian Pertanian ini karena berhalangan hadir maka diwakili oleh Asisten Sekda Pemerintah Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi dan Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian DIY, Kepala BKP3 DIY, Kepala Biro AP, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kbupaten Bantul (Partogi Dame Pakpahan, BE, SE, M.Si.), Kapolre Bantul, Komandan Kodim 729 Bantul, Camat Sedayu (Priya Atmaja, SH), Kapolsek Sedayu, Danramil Sedayu, Lurah Desa seKecamatan Sedayu.

Tahun 2016 ini Kabupaten Bantul memiliki target untuk mencapai produksi sebesar 192.963 ton dengan luas tanam 30.211 ha. Upaya peningkatan produksi padi ini difokuskan pada penerapan teknologi PTT (Pengelolaan Tanaman Terpadu) yang terdiri dari sistem tanam jajar legowo, tanam iwir umur muda.

Untuk pemanenan memakai alat pertanian modern dengan combine harvester seluas 100 ha lahan di bulak Semampir Sedayu adalah merupakan pilot project untuk percontohan pertanian modern.Karenanya, bantuan dari pemerintah pusat telah diberikan pada Gapoktan Argorejo berupa traktor roda dua dan empat, mesin rice transplanter untuk tanam, serta combine harvester untuk panen

Dalam sambutannya, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono memberikan amanat untuk suksesnya swasembada pangan tahun 2016 di Kabupaten Bantul dan tercapainya target luas tanam diharapkan dinas dan instansi terkait dapat berperan aktif dalam percepatan tanam dengan langkah-langkah antara lain kesiapan petugas dalam mengawal teknologi yang sudah ditetapkan terutama penerapan sistem tanam jajar legowo, pelaksanaan tanam kembali setelah tanam, kesiapan sarana prasarana (benih, pupuk, pestisida, irigasi dan alat pertanian), kesiapan untuk mengantisipasi daerah rawan banjir, kekeringan dan serangan OPT, dan pelaksanaan tugas secara terpadu dengan monitoring dan evaluasi yang intensif. (dych)

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163