Dapat Kursi Roda, Mbah Siyah Berkaca-kaca

Selasa Wage, 22 Agustus 2017 08:35 WIB ∼ 709 Komentar (0)

Foto Berita

Bisa duduk kembali setelah setahun terakhir hanya bisa tiduran di dipan tua yang telah usang, tentu menjadi kebahagiaan tidak terkira bagi Mbah Siyah Martowiryo (85) Warga Dusun Gayam RT 38 Desa Argosari, Kecamatan Sedayu. Pasalnya tanpa dinyana, rumahnya didatangi Muspika Sedayu sembari membawa bantuan sebuah kursi roda, Senin (21/8/2017) sore.

Mereka yang datang menyerahkan bantuan adalah Camat Sedayu Drs Fauzan Mu’aifin didampingi Kapolsek Sedayu Kompol Moch Nawawi Spd, Msi, Danramil Kapten (Inf) Kusmin, Panit 1 Bhinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja SH, Bhabinkamtibmas Bripka Murijan, Babinsa Koptu Andriyan, Lurah Argosari, Drs Hidayaturachman bersama Ny Ida Hidayaturrahman.

“Maturnuwun sanget, matur nuwun,”kata Mbah Siyah berkaca-kaca.

Kebahagiaan nampak lebih kentara, saat anak perempunya Ny Ayem, menantunya dan juga Bripka Murijan membopong tubuh tuanya yang sudah renta untuk mencoba kursi roda tersebut. Sehingga tubuh kecilnya bisa duduk kembali kendati tidak setegak orang normal biasanya.

“Ibu saya ini tidak bisa berjalan dan hanya tiduran aja sudah sekitar setahun lalu. Pemicunya itu jatuh, kemudian tubuhnya lemah dan hanya bisa tiduran hingga saat ini. Berkegiatan juga tidak bisa, jadi kebutuhan ke belakang seperti buang air kecil atau buang air besar ya disini,” kata Ny Ayem.

Tetapi untuk kondisi fisik yang lain, menurut Ny Ayem semua normal termasuk untuk jam istirahat atau tidur dan juga makannya masih seperti orang normal.

“Hanya pendengarannya sedikit berkurang,” katanya. Maka ketika keluarganya menerima bantuan kursi roda, dirinya mengaku berbahagia dan berterima kasih. Karena ibunya bisa duduk kembali dan bisa menghirup udara di luar rumah.

Sementara Bripka Murijan mengatakan sebagai Bhabinkamtibmas dirinya setiap hari melekat dalam kehidupan masyarakat di wilayanya. Maka ketika ada yang membutuhkan bantuan seperti kursi roda, dirinya langsung melakukan pendataan untuk dilaporkan kepada atasan. Ternyata hal tersebut mendapat respon cepat dari pemerintah kecamatan Sedayu.

“Untuk Dusun Gayam ini ada tiga yang menderita lumpuh dan butuh kursi roda. Sekarang diawali dari Gayam, dan nantinya saya berharap program ini bisa menyasar wilayah lain. Untuk data by name saya sudah miliki,” katanya.

Bukan hanya soal warga yang lumpuh, namun untuk jenis kecacatan yang lain dirinya mengaku juga memiliki datanya.

Sedangkan Camat Sedayu Drs Fauzan Mu’arifin mengatakan dirinya memiliki target 2018 Sedayu bebas dari segala permasalahan dasar.

“Seperti untuk masalah kesehatan masyarakat dan juga kebutuhan alat bantu, kami targetkan selesai 2018,” katanya.

Misal kursi roda, alat bantu dengar, kaki palsu ataupun jenis alat bantu lain. Adapun untuk pendanaan akan dilakukan dengan APBDesa 2018 di masing-masing desa, Badan Amil Zakat (BAZ) maupun program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

“Seperti halnya kursi roda hari ini kita menggunakan dana infak dari alumni KBIH Aisyiyah yang menggelar kegiatan di Sedayu dan terkumpul Rp 1,1 juta. Sebesar Rp 925.000 kita belikan kursi roda dan sisanya untuk alat bantu dengar, juga akan kita salurkan bagi warga yang lain yang membutuhkan,”katanya.

Selain alat bantu, pemerintah kecamatan Sedayu juga akan merujuk warganya yang sakit jiwa ke RS yang berkompenen. Mengacu pada pemutakhiran data yang dimilili Bappeda Bantul tahun 2015, jumlah penderita cacat di Sedayu 382 orang dari segala usia. Adapun jumlah KK miskin tercatat 1.397 KK dengan 4.390 orang.

“Kita tentu melakukan berbagai upaya agar persoalan dasar tadi bisa kita atasi secara maksimal,”kata Fauzan. (yve)

 

Sumber : Koran Bernas



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163