Dua Binar Cinta dari Kursi Roda

Selasa Wage, 26 September 2017 16:06 WIB ∼ 626 Komentar (0)

Foto Berita

KORANBERNAS.ID — Sinar mata Sri Waldiyatun (57) Warga Dusun Semampir, Desa Argorejo langsung berbinar saat Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin mendatangi rumahnya yang sederhana, Senin (25/9/2017) sore. Kedatangan orang nomor satu di kecamatan Sedayu tersebut disertai Danramil 02/Sedayu Kapten (inf) Kusmin, Panit I Bhinmas Polsek sedayu Iptu Agus Supraja SH beserta Bhahin dan Babinsa wilayah setempat. Mereka datang membawa satu unit kursi roda dan bantuan sembako yang diterima langsung suami Sri bernama Slamet Mugini (58).

 

“Kedatangan kami yang tergabung dalam tim Sedayu 86 adalah untuk memberikan bantuan kursi roda agar bu Sri ini semakin mudah untuk beraktifitas dan bisa menghirup udara segar,”kata Camat Fauzan. Begitupun untuk sembako diberikan agar keluarga tersebut bebannya menjadi lebih ringan.

Dirinya bertekad untuk tahun 2018 semua wilayah Sedayu harus bebas dari persoalan sosial khususnya pada kebutuhan alat bantu berupa kursi roda dan alat bantu dengar. Sehingga bagi warga yang memiliki keluarga dengan kondisi tidak mampu berjalan atau pendengaranya berkurang bisa melapor kepada petugas di kecamatan untuk ditindak lanjuti.

“Kalau istri saya ini mengalami kondisi tidak bisa berjalan sejak tiga tahun silam,’ kata Slamet. Awal petaka itu terjadi tiga tahun silam saat Sri menggembalakan kambing dan terjatuh, kemudian tali kambing itu menyangkut di kaki sehingga tubuhnya terseret beberapa meter. Sejak saat itulah penyakit tulang mendera tubuhnya, sampai akhirnya divonis stroke. Seluruh badan tidak bisa digerakkan, bahkan untuk bicara juga susah.

Praktis hari-harinya hanya dihabiskan di dalam rumah. Untuk keperluan sehari-hari Sri dibantu oleh suaminya entah untuk sekedar duduk sebentar di kursi ataupun untuk keperluan pipis dan BAB, mandi dan makan.

“Saya gendong istri saya kalau mau ada keperluan,”kata Slamet yang kemudian menggendong istri tercinta ke kursi roda bantuan tersebut.

Karena waktunya dihabiskan full untuk mengurus sang istri, pekerjaan sebagai tukang bangunan yang merupakan mata pencaharian sehari-hari terpaksa ditinggal. Untuk mencukupi kebutuhan, dia mengandalkan dari anak yang bekerja di pabrik garmen wilayah Sedayu.

Keharuan yang sama juga dirasakan keluarga Ngatiyem (40) warga Dusun Brongkol, Desa Argodadi yang mendapat bantuan yang sama. Ibu satu anak berusia 3,5 tahun tersebut sudah sejak dua tahun silam hanya tergolek lemah diatas tempat tidur hingga tinggal tulang dibalut kulit. Kanker sumsum tulang belakang yag kemudian menyebar ke titik yang lain, menjadikan istri dari Kasmingin itu tidak berdaya.

“Berbagai upaya telah dilakukan dengan membawa berobat baik secara medis ataupun alternatif. Namun belum ada hasil yang menggembirakan,”kata Bariyah istri Dukuh Sugiyat.

Praktis karena tubuhnya tidak berdaya, Ngatiyem hanya bisa tidur dan tidak bisa beraktifitas apapun. Kendati masih bisa bicara terbata-bata, namun syaraf tubuhnya sudah tidak bisa difungsikan. Untuk sehari-hari dia ditunggui dan diurus ibu kandungnya yang sudah sepuh Mbah Senirah (66). Selain mengurus Ngatiyem, Mbah Senirah juga mengurus anak Ngatiyem bernama Fitri Sulistiyawati (3,5).

“Amargi bapakne lare niki nyambet damel wonten bangunan. Nggih kulo ingkang ngurus griyo soho Ngatiyem kalian fitri ,”kata Mbah Senirah. Karena dirinya sudah sepuh dan tidak bisa membopong anak ketiga dari empat bersaudara itu, maka dipasanglah pampers sehari-hari.

“Mugi-mugi anak kulo angsal pitulungan saged mantun,”katanya lagi. (yve)

Sumber :https://www.koranbernas.id/dua-binar-cinta-dari-kursi-roda/



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163