Sarasehan Peringatan Hari Jadi Ke 187 Kabupaten Bantul tahun 2018 di Kecamatan Sedayu

Kamis Wage, 28 Juni 2018 13:39 WIB ∼ 853 Komentar (0)

Foto Berita

Telah dilaksanakan kegiatan Sarasehan Peringatan Hari Jadi Ke 187 Kabupaten Bantul tahun 2018 di Kecamatan Sedayu pada  Rabu 27 Juni 2018 di Aula Kecamatan Sedayu, Acara dihadiri oleh TIM 5 yang terdiri dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bantul selaku pimpinan tim dan anggota yang terdiri dari Kepala Dinas Perdagangan, Ka. Pengadilan Agama Bantul, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan (Bapak Susanto, SH., MM), Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Sosial P3A, Tenaga Ahli Bupati, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Bantul, Sekretaris KPU, Ka Bag Adm. Perekonomian Setda Kab. Bantul, Ka Bag Adm. Pembangunan Setda Kab. Bantul, Kepala Rutan Bantul, Pimpinan PT BPJS Kab. Bantul,  Bappeda, Bagian Humas dan Protokol. Selain itu juga hadir perwakilan Anggota dari DPRD Kab. Bantul, MUSPIKA Sedayu, seluruh Lurah Desa di Kecamatan Sedayu, staf/karyawan Kecamatan Sedayu, PKH, Pendamping TKSK, Pendamping TKPK, pemuda pelopor, para relawan dan tokoh masyarakat yang ada di lingkungan Kecamatan Sedayu.

 

Kegiatan Sarasehan kali ini bertemakan “Dengan Semangat Makarya Bangun Desa Kita Berdayakan Masyarakat untuk Mengurangi Kemiskinan“. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, cara dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya. Setelah menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya selesai dinyanyikan bersama, acara dilanjutkan dengan sambutan – sambutan. Sambutan pertama ucapan Selamat Datang datang dari Camat Sedayu yang langsung disampaikan oleh Bapak Drs. Fauzan Mu’arifin.

 

Dalam sambutanya beliau menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada peserta kegiatan sarasehan, baik dari Tim 5 maupun tamu undangan yang lain. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan sarasehan kali ini disiarkan langsung / livestreaming cannel youtube Kecamatan Sedayu. Livestreaming bukan merupakan hal yang “wah” akan tetapi masih jarang yang melakukan, dan hal ini diterapkan di Sedayu. Ini menunjukkan bahwa Kecamatan Sedayu siap berlari kencang menyambut kemajuan jaman. Di akhir sambutannya beliau menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyelenggaraan acara ada kurangan.

 

Setelah Sambutan dari Bapak Camat Kecamatan Sedayu, selanjutnya acara dilanjutkan sambutan dari Bapak Bupati Bantul, yang dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Bambang Guritno, S.H. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Bantul selaku pimpinan TIM 5. Dalam sambutannya Bapak Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Bantul menyampaiakan beberapa point yang beliau rumuskan dari sambutan Bapak Bupati Bantul. Karena angka kemiskinan di Bantul saat ini diangka 14,07 % jadi merupakan hal yang tidak sepele dan perlu menjadi perhatian bersama. Bukan hanya pemerintah ataupun instansi terkait, namun kemiskinan merupakan tanggung jawab kita bersama. di antara unsur yang bertanggung jawab tersebut, yaitu unsur Pemerintah, Lembaga Pendidikan, Dunia Usaha, dan Masyarakat itu sendiri. Setelah mengetahui akar permasalahan, perlulah di buat strategi – strategi khusus untuk menangani hal tersebut. Salah satunya perbaikan data kemiskinan. Data tersebut harus valid. Selain hal tersebut perlu juga modal sebagai awal usaha mereka yang membutuhkan. Sumber daya manusia juga perlu dipersiapkan untuk menyambut hal tersebut.

 

Setelah acara sambutan – sambuta. Acara dilanjutkan dengan acara inti, yaitu Sarasehan Peringatan Hari Jadi Ke 187 Kabupaten Bantul Tahun 2018 yang di pimpin langsung oleh Bapak Camat Sedayu.

Dalam pemaparanya, Bapak Camat menyampaikan beberapa point pokok materi yang disingkronkan dengan tema sarasehan tahun 2018 ini. Adapun pokok bahas/materi tersebut adalah sebagai berikut

  • Pengamalan Pancasila
  • Pengembangan Potensi Wilayah Dan Produk Andalan Setempat
  • Peran Serta Stageholder Dalam Penanggulangan Kemiskinan, Kenakalan Remaja, Narkoba Dan Kriminalitas, Serta Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Dan Pendidikan
  • Pelestarian Budaya Lokal
  • Peran Desa Sebagai Ujung Tombak Pembangunan
  • Bantul Bersih Sampah
  • Bantul Smart City

Setelah penyampaian dan pembahasan dari pokok-pokok materi tersebut, Bapak Camat mempersilahkan kepada Bapak Lurah Desa se-Kecamatan Sedayu untuk menanggapi materi yang telah disampaikan tersebut, dan diperkenankan untuk memberikan saran dan masukkan, guna kemajuan bersama.

Adapun tanggapan – tanggapan dari Bapak Lurah se-Kecamatan Sedayu tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Lurah Argosari

Kemiskinan tidak hanya ekonomi tetapi ketidak mampuan memenuhi kehidupan dasar, rendahnya pendapatan sehingga tidak ada jaminan masa depan, miskin harga diri, miskin rasa malu. Pembangunanmeliputi peningkatan SDM di desa dan perlunya pendampingan dari tindak lanjut program dan kegiatan yang digulirkan.

Bagi masyarakat yang miskin dan tidak punya rasa malu sulit untuk dientaskan sebagus apapun program yang ditawarkan.

Dalam mengatasi kemiskinan harus dilihat dari akar permasalahan dimulai dari rendahnya pendidikan, mengakibatkan kualitas SDM. Kualitas SDM akan mempengaruhi kesempatan kerja dan kesempatan kerja akan mempengaruhi kesempatan untuk berusaha.

Pembangunan non fisik dalam peningkatan SDM merupakan prioritas di desa.

  1. Lurah Argorejo

Pada kesempatan kali ini Bapak Lurah Desa Argorejo menyampaikan bahwa moralitas sangatlah perlu ditingkatkan untuk menggerakan mindset masyarakat guna mencapai tujuan pengurangan angka kemiskinan.

  1. Lurah Argomulyo

Dalam tanggapannya Bapak Lurah Desa Argomulyo menyampaikan untuk menumbuhakan jiwa wirausaha dan mental usaha masyarakat. Mendukung pemasaran hasil produk secara on line. Merencanakan pembuatan penangkap sampah yang akan diletakkan di dusunyang berada di perbatasanwilayah.

  1. Lurah Argodadi

Bapak lurah Desa Argodadi menyampaikan dan menekankan desa yang berbasis budaya dan sebagai desa wisata salah satu usulan kongkret guna pengentasan kemiskinan yang berada di wilayah tersebut.

Penguatan pendidikan agama bagi remaja dan siswa disekolah perlu digalakkan guna peningkatan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam rangka penanggulangan terorisme, radikalisme, penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja.

Mangan opo sing ditandur, Nandur opo sing dipangan, adalah falsafah hidup yang baik diterapkan dimasyarakat era sekrang ini. Penanaman sayur dan buah untuk kesejahteraan warga.

Memberikan sosialisasi percepatan pembangunan melalui dana desa.

 

Setelah tanggapan yang diberikan oleh Lurah se-Kecamatan Sedayu selesai, kembali forum dipegang Bapak Camat dan ditanggapi apa yang menjadi tanggapan dari penyampaian Lurah se-Kecamatan Sedayu tersebut.

 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163