Pada hari Rabu, 17 Oktober 2018, berlangsung Paparan Inovasi pelayanan Publik dihadapan tim dari DIY. Kec Sedayu memaparkan inovasi grup FB yaitu Warga Sedayu Online (WSO)
SUMMARY INOVASI
GRUP FB WARGA SEDAYU ONLINE (WSO)
1. Ringkasana inovasi
Grup Facebook “WARGA SEDAYU ONLINE” (WSO), adalah sebuah grup Facebook yang dibentuk dengan tujuan sebagai “sarana utk komunikasi dan transformasi informasi pemerintah dan masyarakat se Kec. Sedayu”. Dibentuk tanggal 3 juni 2017, dan pertanggal 12 Oktober 2018 jam 14.15 WIB anggotanya mencapai 24.838 orang yang mayoritas warga Kecamatan Sedayu baik yang tinggal di Sedayu maupun di luar daerah bahkan di luar negeri.
2. Latar belakang inovasi
a. Facebook punya potensi berupa menu-menu yang bisa dipakai untuk peningkatan layanan, kesejahteraan serta potensi lainnya.
b. Pemanfaatan Facebook sebagai media informasi dan komunikasi belum optimal, sebagai salah satu alat dalam upaya pemberdayaan masyarakat, pemerintahan dan pembangunan. Masih lebih banyak di pakai lebih sebagai sarana hiburan
3. Nilai Kebaruan
Dalam kontek aplikasi media sosial tidak ada yang bersifat baru, tapi dalam kontek komunitas kewilayahan untuk warga Kecamatan Sedayu, merupakan sesuatu yang baru dimana grup tersebut langsung ditangani oleh Camat sebagai Super Admin, sehingga sepenuhnya bisa mengontrol arus komunikasi dan informasi di dalamnya.
4. Keunikan inovasi
Grup Warga Sedayu Online merupakan satu-satunya yang pertama dimana masyarakat bisa langsung berkomunikasi dalam menyampaikan berbagai permasalahan maupun usul dan sarana kepada Pemerintah Kecamatan Sedayu tanpa terkendala ruang, tempat dan waktu.
5. Kapan inovasi dimulai
Grup dibuat pada tanggal 03 Juni 2018 oleh Camat Sedayu, Drs. Fauzan Mu’arifin (Pak E Thole) sekaligus sebagai Super Admin, dengan admin pembantu 3 (tiga) orang.
6. Manfaat/dampak setelah inovasi
a. Masyarakat dapat melaporkan permasalahan di wilayahnya dengan cepat dan tanpa ragu-ragu
b. Pemerintah Kecamatan Sedayu lebih mudah dalam menyampaikan program dan kegiatan yang dilakukan
c. Masyarakat mengetahui kegiatan apa yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Sedayu.
d. Masyarakat mengetahui program pemerintah yang belum dipahami, karena bisa mengajukan pertanyaan/penjelasan langsung.
e. Masyarakat bisa saling kenal dan saling tahu potensi masing-masing baik kuliner, fashion, kerajinan,dan lain sebagainya.
f. Menjadi ajang jual beli antar masyarakay yang mempunya produk,sebaliknya bagi yang butuh produk tertentu bisa lebih mudah mendapatkannya.
g. Menjadi ajang silaturohmi warga Sedayu, baik yang di sedayu maupun yang diluar Sedayu.
7. Sudah/dapat direplikasi
Telah direplikasi baik di level lebih bawah di Kec Sedayu maupun di luar Kec. Sedayu. Yang di dalam sedayu misalnya, WARGA SUNDI KIDUL ONLINE, WARGA ARGODADI ONLINE. Adapun yang di luar misalnya Warga Pajangan Online, Godean Online, Warga Panggungharjo Online, Wargo Sawit Online, dan sebagainya.
8. Keberlanjutan
Grup ini mempunyai keberlanjutan yang sangat signifikan berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut :
a. Masyarakat masih terus membutuhkan informasi tentang program pemerintah
b. Pemerintah Kecamatan Sedayu selalu update program dan kegiatan yang dilakukan serta informasi terkini tentang kemasyarakatan, pemerintahan dan pemberdayaan.
c. Masih terus ada permasalahan-permasalahan di masyarakat yang perlu di informasikan agar mendapat penanganan lebih cepat.
d. Masyarakat semakin ingin berpartisipasi dalam menyampaikan usulan dan ide-ide kreatifitas yang positip.
Bagikan ke
Facebook
Twitter
Google+
Komentar (0)