SEDAYU SMART DISTRICT

Jumat Kliwon, 16 November 2018 09:38 WIB ∼ 779 Komentar (0)

Foto Berita
Sesuai dengan UU nomor  23 tahun 2014 tentang PEMERINTAHAN DAERAH,  Pembentukan Kecamatan adalah dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat Desa/kelurahan
Camat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 224 ayat (1) UU nomor  23 tahun 2014 tentang PEMERINTAHAN DAERAH mempunyai tugas: 
a. menyelenggarakan urusan pemerintahan umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (6);
b. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat
c. mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum
d. mengoordinasikan penerapan dan penegakan Perda dan Perkada
e. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum
f. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di Kecamatan
g. membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan Desa dan/atau kelurahan
h. melaksanakan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah kabupaten/kota yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Perangkat Daerah kabupaten/kota yang ada di Kecamatan; dan
i. melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
Yang lebih spektakuler adalah bahwa berdasarkan pasal 225 ayat (1) point a bahwa salah satu tugas Camat adalah melaksanakan urusan pemerintahan umum. Dijelaskan pada pasal 9 ayat (5) bahwa urusan pemerintahan umum pada dasarnya adalah kewenagan presiden sebagai kepala pemerintahan. Lebih rinci dijelaskan pada pasal 25 ayat (1)  bahwa tugas pemerintahan umum adalah pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengamalan Pancasila, pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pelestarian Bhinneka Tunggal Ika serta pemertahanan dan pemeliharaan keutuhan NegaraKesatuan Republik Indonesia;  pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa, pembinaan kerukunan antarsuku dan intrasuku, umat beragama, ras, dan golongan lainnya guna mewujudkan stabilitas keamanan lokal, regional, dan nasional; penanganan konflik sosial sesuai ketentuan peraturan perundang undangan, koordinasi pelaksanaan tugas antarinstansi pemerintahan yang ada di wilayah Daerah provinsi dan Daerah kabupaten/kota untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dengan memperhatikan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan, potensi serta keanekaragaman Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,  pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila; dan pelaksanaan semua Urusan Pemerintahan yang bukan merupakan kewenangan Daerah dan tidak dilaksanakan oleh Instansi Vertikal.
Camat mempunyai  ruang yang cukup untuk berkreasi dalam rangka pelaksanaan  seluruh fungsi-fungsi manajemen pemerintahan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat dengan menggunakan alat kelengkapan kecamatan yang ada sebagaimana di atur dalam pasal 225 ayat (3) baik dalam unsur staf maupun unsur lini sebagai pelaksana misi kecamatan  mencapai tata kelola pemerintahan yang baik, mewujudkan pelayanan publik maupun pemberdayaan masyarakat.
Dalam penyelenggaraan pemerintahan kecamatan, UU 23 Tahun 2014  juga membuka ruang untuk berinovasi. Inovasi tersebut dapat berbentuk bagaimana menyelenggarakan pemerintahan yang efektif dan efisien, bagaimana memberikan pelayanan publik yang baik, maupun inovasi tentang bagaimana cara memberdayakan masyarakat dengan tepat dan berhasil guna.
Saat ini, perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang pesat telah menyebabkan perubahan kegiatan kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Teknologi informasi makin hari makin menjadi kunci dari pembangunan dengan pertukaran informasi dengan cepat, akurat, dan bisa diakses secara real time sehingga mendorong pemerintahan yang terbuka (open government). Peluang  pengembangan wilayah Kecamatan Sedayu  sejalan dengan posisi strategis dan banyaknya potensi yang ada,  tentu akan mempercepat dinamika masyarakat  yang membutuhkan teknologi untuk memudahkan layanan dan aktivitas masyarakat. Penerapan teknologi informasi dalam pelayanan publik dan pembangunan juga dapat dilakukan di berbagai layanan untuk meningkatkan kemudahan dan transparansi layanan yang diberikan kepada masyarakat. Komponen utama penerapan teknologi dalam smart district merupakan gabungan dari ketersediaan perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan budaya (culture). Berbagai perangkat hukum telah diterbitkan untuk meligitimasi penerapan teknologi informasi dalam pemerintahan (e government), melalui  Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; dan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 
Sedayu smart district  tidak hanya diidentikkan dengan pemanfaatan teknologi yang berarti banyak aplikasi, cctv dan wifi, media sosial serta multi media lainnya. Namun pengembangan smart district  di Kecamatan Sedayu juga harus diarahkan pada pengembangan potensi wilayah dan ekonomi Kecamatan Sedayu melalui pembentukan karakter masyarakat Sedayu yang CERDAS (smart), misalnya: optimalisasi berbagai produk dan potensi lokal dalam merealisasikan semangat MAKARYO MBANGUN DESO melalui slogan JAJAN TONGGO NGLARISI KONCO, pembentukan karakter masyarakat, internalisasi nilai dan pranata sosia yang mengkayakan, dan sebagainya.
 
Sedayu Smart District, sebagai penajaman dari Bantul Smart City merupakan sebuah konsep Kecamatan  Cerdas yang dapat membantu sekaligus mendorong  masyarakat untuk dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal, efektif dan effisien serta  memberikan solusi  yang tepat terhadap segala permasalahan yang ada untuk terciptanya masyarakat yang beradab dan berkemajuan.
Sedayu Smart District juga berkaitan dengan terwujudnya nilai-nilai dan pranata sosial yang mendorong terwujudnya masyarakat yang beradab dan berkemajuan, misalnya masyarakat yang futuristik, tertib, taat hukum, dan sebagainya.
Dengan begitu, Sedayu Smart District nantinya  meliputi tidak hanya tata ekonomi, tata wilayah, tapi juga tata nilai/pranata sosial yang ada yang secara keseluruhan mendorong terwujudnya Kecamatan Sedayu yang beradab dan berkemajuan.
Kenapa perlu konsep Smart District?
1. Kemajuan teknologi sampai saat ini begitu cepat dan perlu dimanfaatkan secara optimal dan efektif.
2. Banyaknya permasalahan yang belum terpecahkan di berbagai bidang.
3. Banyak potensi di Kecamatan Sedayu yang perlu  akselerasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk optimalisasi sumber daya yang ada.
4. Penerapan teknologi informasi tebukti mampu membuat loncatan sebagai sebuah solusi ataupun capaian dilaksanakannya pembangunan di segala bidang.
5. Beberapa kebutuhan terhadap penerapan teknologi informasi maupun multi media belum tentu bisa terpenuhi di Kecamatan Sedayu.
6. Kecamatan Sedayu ingin mempunyai identitas (ikon)  dan menjadi lokomotif di bidang Teknologi informasi dan multi media.
7. Mulai lunturnya nilai-nilai/pranata sosial yang positip yang mengakibatkan timbulnya  permasalahan baik sosial, ekonomi, maupun lainnya.
Rintisan Smart District
1. Adanya media sebagai wadah komunikasi tingkat kecamatan berupa grup facebook WARGA SEDAYU ONLINE yang terbukti mampu menjadi jembatan informasi antar warga, informasi dari atas ke bawah maupun sebaliknya.
2. Membangun unit pelayanan masyarakat untuk lebih memudahkan pelayanan publik (samsat desa, PDAM, jaringan fiber optic, dll).
3. Internalisasi nilai-nilai dan pranata sosial yang beradab dan berkemajuan, yaitu :
a. Jajan Tonggo Nglarisi Konco
b. Nandur sing di pangan, mangan sing di tandur
c. Pola Hidup Bersih dan Sehat
d. Semangat membangun (sopo temen bakal tinemu/man jadda wa jada)
e. Kekompakan dan kebersamaan (esprit de corps)
f. Saling menolong
g. Kerelawanan
h. Up to date (mengikuti perkembangan situasi)
Indikator Makro Smart district
1. Tersedianya  infrastruktur dasar untuk memberikan kualitas yang layak hidup, lingkungan yang bersih dan berkelanjutan 
2. Tersedianya Air dan listrik yang cukup, sanitasi dan pengelolaan sampah, mobilitas yang efisien dan transportasi umum serta konektivitas IT yang memadai
3. Layanan publik yang tercukupi di semua bidang.
4. Mekanisme pelayanan aduan yang responsif.
5. Terbangunnya nilai-nilai dan pranata sosial yang beradab dan berkemajuan


Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163