NARASI HARI JADI KAB BANTUL ke 188 “ GOTONG ROYONG WUJUD MAKARYA MBANGUN DESA MENUJU BANTUL YANG BERSIH, SEHAT, CERDAS , DAN SEJAHTERA ”

Selasa Wage, 18 Juni 2019 08:36 WIB ∼ 228 Komentar (0)

Foto Berita

Kecamatan Sedayu mempunyai luas 34,36 km2.  Sebelumnya bernama Kapanewon PEDES. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Daerah Istimewa Jogjakarta nomor 9 tahun 1951, tanggal 20 Juni 1951, berganti nama menjadi Kapanewon SEDAYU. Kecamatan Sedayu berada di wilayah Kabupaten Bantul yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo. Alamat kantor kecamatan : Jl. Wates Km 12 Argorejo Sedayu Bantul Telp. ( 0274) 698006.
Wilayah administrasi Kecamatan Sedayu meliputi 4 desa, 54 dusun dan  3411 RT.

Berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Jogjakarta no 5 tahun 1948 tanggal 9-4-1948 tentang perobahan daerah-daerah kalurahan dan nama-namanya, Kapanewon Sedayu yang semula bernama Kapanewon Pedes terdiri dari 4 Desa yaitu :

  1. Desa Argomulyo dibentuk dari gabungan  kalurahan  Pedes, Kaliberot, Watu dan Kemusuk
  2. Desa Argasari dibentuk dari gabungan Kalurahan Sedayu, Klangon dan Tonalan
  3. Desa Argadadi dibentuk dari gabungan Kalurahan Sungapan, Sukahardja, dan  Dingkikan
  4. Desa Argareja dibentuk dari gabungan Kalurahan Ngentak dan Sundikidul

Ibukota Kecamatan Sedayu berjarak 20 Km dari pusat pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul. Secara keseluruhan Kecamatan Sedayu berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatan berada pada ketinggian 87,50 meter diatas permukaan laut. Kecamatan Sedayu mempunyai bentangan wilayah yang bervariasi. Sekitar 60 % dari wilayah Kecamatan Sedayu berupa bentangan yang datar hingga berombak, 15 % lainnya berupa bentangan yang berombak hingga berbukit dan 25 % dari wilayah berupa bentangan yang berbukit hingga bergunung.

Kecamatan Sedayu dihuni oleh 9.510 KK dengan jumlah penduduk keseluruhan sebesar 42.943. Jumlah penduduk laki-laki adalah 20.994 orang dan penduduk perempuan 21.949 0rang. Kepadatan penduduk di Kecamatan ini adalah 11.000 jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Sedayu bermata pencaharian sebagai petani. Data monografi Kecamatan Sedayu mencatat 10.539 atau 24,5 % dari seluruh penduduk Kecamatan Sedayu bekerja di bidang pertanian.

Kecamatan Sedayu mempunyai potensi yang beraneka ragam antara lain :

  1. Potensi Seni dan Budaya yang cukup menonjol meliputi :
  1. Situs Bakal pokok
  2. Situs Kepuhan (Goa Payaman)
  3. Kesenian khas Kadisiswo dan Talisiswo
  4. Kesenian tradisional jathilan, oglek, kethoprak, wayang orang dan sebagainya.
  5. Atraksi-atraksi budaya meliputi merti dusun dan gelar budaya.
  1. Potensi Wisata antara lain :
  1. Wisata kejuangan Museum Soeharto dan Makam Somenggalan
  2. Wisata air : Tubing Surobayan, Sunan Kali Kontheng, Tubing Sobo ndeso, Polaman Rivers Tubing, Praon Cawan, Girli Cawan, Tempuran Sungapan, Kebun Buah Langka, Wisata Batu tumpuk Brongkol, Rest Area Candimas.
  1. Kuliner dan Kerajinan antara lain :
  1. Makanan khas emping garut, jamur, ingkung, bakpia Kemusuk, dan lain-lain
  2. Kerajinan tas rajut, kulit, kerajinan seni kayu,  daur ulang sampah, jamu, dan lain-lain.

 

Secara menyeluruh di bingkai dalam konsep SEDAYU SMART DISTRICT , yaitu  sebuah konsep Kecamatan  Cerdas yang dapat membantu sekaligus mendorong  masyarakat untuk dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal, efektif dan effisien serta  memberikan solusi  yang tepat terhadap segala permasalahan yang ada untuk terciptanya masyarakat yang beradab dan berkemajuan.

 

Sedayu Smart District juga berkaitan dengan terwujudnya nilai-nilai dan pranata sosial yang mendorong terwujudnya masyarakat yang beradab dan berkemajuan, misalnya masyarakat yang futuristik, tertib, taat hukum, dan sebagainya.

 

Dengan begitu, Sedayu Smart District nantinya  meliputi tidak hanya tata ekonomi, tata wilayah, tapi juga tata nilai/pranata sosial yang ada yang secara keseluruhan mendorong terwujudnya Kecamatan Sedayu yang beradab dan berkemajuan.

 

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di segala bidang, Program  MAKARYO MBANGUN DESO dipertajam dalam level operasional dengan slogan JAJAN TONGGO  NGLARISI KONCO (JAGORIKO). Slogan ini sebagai wujud NASIONALISME di bidang Ekonomi demi  terwujudnya EKONOMI KERAKYATAN, melalui internalisasi nilai-nilai untuk lebih mencintai produk dalam negeri, baik barang maupun jasa.

 

Adapun salah satu sasaran utama dalam peningkatan kesejahteraan adalah dengan fokus kepada kelompok-kelompok rentan dan marjinal antara lain :

  1. Kelompok masyarakat penyandang disabilitas, baik fisik maupun mental
  2. Kelompok masyarakat yang mengalami ketergantungan ekonomi

 

Untuk akselerasi tercapainya kesejahteraan tersebut, di tumbuhkan nilai-nilai yang meng-KAYA-kan dan menumbuhkan jiwa kerelawanan sosial di masyarakat. Dilandasi dengan semangat yang ikhlas serta didukung kekompakan yang mantap oleh semua stakeholder, cita –cita tersebut semakin dapat cepat terealisir.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163