“Simulasi Pemantauan Layanan dan Penggunaan Scorecard Pencegahan Stunting di Desa, dalam mendukung Peran Desa Dalam Kegiatan Konvergensi Pencegahan Stunting di Kecamatan Sedayu “

Rabu Wage, 3 Juli 2019 07:22 WIB ∼ 147 Komentar (0)

Foto Berita

Pelatihan Seluruh Kader Posyandu se-Kecamatan Sedayu:

 

“Simulasi Pemantauan Layanan dan Penggunaan Scorecard Pencegahan Stunting di Desa, dalam mendukung Peran Desa Dalam Kegiatan Konvergensi Pencegahan Stunting..       “                  

Oleh: Bp.Lilik Budi Hartanto (Tenaga Ahli PSD P3MD DIY)

Aula Kecamatan Sedayu, 2 Juli 2019

 

 

Pencegahan dan penanganan stunting telah menjadi agenda nasional, dimana semua pihak, Kementerian dan Lembaga diminta untuk terlibat. Berbagai program telah dikembangkan oleh Pemerintah, namun permasalahan stunting masih terjadi. Pencegahan dan penanganan stunting menuntut adanya konvergensi pengelolaan kegiatan, program, dan layanan.

Layanan masyarakat untuk pencegahan dan penanganan stunting perlu dipastikan terjadi di Desa agar dapat diakses oleh masyarakat. Kelompok sasaran pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) menjadi prioritas utama dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Kelompok prioritas ini perlu dipastikan dapat mengakses 5 (lima) layanan utama penanganan stunting, yaitu: (1) Kesehatan Ibu dan Anak (KIA); (2) Konseling Gizi Terpadu; (3) Sanitasi dan Air Bersih; (4) Jaminan Sosial; dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kementerian Desa, PDTT melalui Direktorat Pelayanan Sosial Dasar (PSD) dan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), mengarahkan dukungannya atas pencegahan dan penanganan stunting.

Desa perlu mengambil peran besar, sekaligus bertanggungjawab atas terjadinya konvergensi layanan pencegahan stunting. Untuk mewujudkan harapan terebut, dipandang perlu dibentuk dan ditugaskan Kader Desa, yang kemudian disebut Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang mendapatkan tugas khusus.

Tugas khusus yang dimaksud adalah mendata sasaran, memantau layanan, dan mengkomunikasikan masalah lapangan kepada pengambil keputusan, yaitu Pemerintah Desa dan penyedia layanan dalam wadah Rumah Desa Sehat (RDS). Untuk menjalankan tugas khusus secara optimal, perlu dilakukan peningkatan kapasitas, sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan efektif sesuai kebutuhan lapangan dan dinamika yang berkembang di masyarakat.

Pelatihan kepada KPM dan Kader Posyandu sebagai salah satu bentuk peningkatan kapasitas dalam menyiapkan pelaku program, terutama Kader Desa, baik dari sisi pengetahuan, ketrampilan, maupun sikap terkait pencegahan stunting.

KPM dan Kader Posyandu diharapkan dapat mendorong kegiatan pencegahan stunting ke dalam perencanaan dan penganggaran di Desanya masing masing.

Kader Desa juga melakukan advokasi atas hasil pengamatannya kepada pihak-pihak terkait seperti Aparat Desa dan pemberi layanan

 

Secara rinci tujuan pelatihan singkat dengan Simulasi Pemantauan dan Penggunaan Scorecards Konvergensi Pencegahan Stunting di Desa:

  1. Kader Desa memahami Stunting dan kegiatan konvergensi pencegahan stunting di Desa;
  2. Mengisi formulir pendataan sasaran dan kondisi layanan dengan benar
  3. Mengisi formulir pemantauan bulanan (Form. 2A, Form 2B, dan Form 2C)
  4. Rekapitulasi Hasil Pemantauan 3 Bulanan (Form. 3A dan Form. 3B)
  5. Menganalisa hasil pemantauan dari Form 4 (Scorecard Konvergensi Desa: Lampiran Permenkeu No. 193/PMK. 07/2018 ttg Pengelolaan Dana Desa)
  6. Menyusun laporan hasil pemantauan kepada Desa dan unit 5 paket layanan di Desa

Setelah mengikuti simulasi ini, KPM bersama kader segera melakukan pendataan semua rumah tangga 1000HPK di posyandu pedukuhan masing-masing. Hasil pendataan dan perekapan akan dilakukan analisis kebutuhan untuk kemudian disusun usulan kegiatan konvergensi pencegahan stunting dalam forum Rembug Stunting.

Rembuk stunting

Rembug Stunting sebagai kegiatan Pra Musdes untuk memastikan kegiatan konvergensi stunting menjadi bagian dari kegiatan yang akan didanai oleh Desa melalui DD. Pra-musyawarah Desa (rembuk stunting), merupakan langkah terakhir dari tahapan kegiatan perencanaan konvergensi stunting.

Usulan ini akan diajukan pada musyawarah Desa untuk menjadi bagian dari kegiatan pembangunan Desa dan memperoleh pembiayaan dari Desa.

Kepala Desa, sepertinya menjadi salah satu tokoh kunci untuk mewujudkan kegiatan konvergensi stunting di Desa

 

Ouput Rembug Stunting

Outputnya adalah kesepakatan kegiatan konvergensi stunting yang akan diajukan kepada Desa. Dengan agenda utama membahas rancangan usulan kegiatan konvergensi stunting. Untuk itu perlu dipastikan pada rembuk ini hadir seluruh anggota RDS dan OPD tingkat kecamatan.

 

Pemerintah Pusat sudah menerbitkan PMK 193 tahun 2018 tentang pengelolaan dana Desa. Pada peraturan ini Desa diwajibkan untuk menyampaikan laporan kegiatan konvergensi stunting.

 

Beberapa point penting, bahwa:

  • Kewajiban laporan kegiatan konvergensi mulai 2019.
  • Laporan konvergensi menjadi prasyarat pencairan dana Desa tahun 2020 untuk kabupaten prioritas (159 Kabupaten)
  • Laoran konvergensi menjadi prasyarat pencairan dana Desa tahun 2021 untuk seluruh kabupaten di Indonesia.

Bentuk laporan ini adalah Scorecard Konvergensi Desa atau disebut juga dengan Laporan Konvergensi Pencegahan Stunting Tingkat Desa

 

Target capaian layanan konvergensi adalah 100%  artinya semua sasaran 1000 HPK mendapatkan layanan secara penuh. Untuk itu perlu dibangun komitmen yang kuat antara keluarga dan pemberi layanan supaya layanan dapat diberikan secara lengkap.

 

Kesimpulan dan penegasan dalam pelatihan adalah:

Setiap langkah pengisian membutuhkan kecermatan dan validitas atas data yang diperoleh. Jika pada awalnya terjadi kesalahan dalam 



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163