LOMBA UPACARA TINGKAT KABUPATEN SMA N 1 SEDAYU TAHUN 2019

Senin Legi, 23 September 2019 11:13 WIB ∼ 69 Komentar (0)

Foto Berita

SMA N 1 Sedayu kembali menghadapi Lomba Upacara Tingkat Kabupaten Bantul karena berdasarkan hasil penjurian juri yang diadakan pada Hari senin, 26 Agustus 2019 SMA N 1 Sedayu berhak mewakili Tuti Barat untuk penjurian lagi menjadi yang terbaik diKabupaten Bantul.
Tim juri diterima oleh Kepala SMA N 1 Sedayu, Camat Sedayu Sarjiman S.IP. ME beserta Jajaran Forkompinca Kecamatan Sedayu.
Tim juri terdiri dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul, Polres Bantul, Kodim Bantul, Satpol PP Kabupaten Bantul, Kementrian Agama Kabupaten Bantul, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Bantul, Purna Paskibraka Indonesia Kabupoaten Bantul.
Penilaan dimulai jam 07.00 WIB dilapangan  Sekolah SMA N 1 Sedayu.Bertindak sebagai pembina Upacara Kepala SMA N 1 sedayu Bapak Subarino, P.hd dalam amanatnya menyampaikan  Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan disekolah yang mampu menumbuhkan  rasa nasionalisme. Hal ini Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti, menjelaskan bahwa pelaksanakan upacara bendera setiap hari Senin dengan mengenakan seragam atau pakaian yang sesuai dengan ketetapan sekolah sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan di dalam proses pelakasanaan upacara bendera terdapat bagian-bagian yang dinilai mampu menumbuhkan semangat nasionalisme, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya saat pengibaran bendera, pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan mengheningkan cipta. Pelaksanaan kegiatan upacara yang biasa dilaksanakan setiap hari Senin diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam menumbuhkan nilai nasionalisme kepada siswa, sehingga tercipta karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai yang tertuang dalam falsafah Pancasila. Upacara dijadikan sebagai solusi untuk memperkuat rasa nasionalisme dikalangan pelajar. Makna dari upacara sendiri adalah segala tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin serta membiasakan kesediaan dipimpin dan membina kekompakan serta kerjasama dan yang paling penting adalah untuk mengenang jasa para pendiri negara. Pelaksanaan kegiatan upacara bendera dapat diharapkan siswa belajar lebih tertib, mentaati segala peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan dan agama. Siswa dapat belajar lebih disiplin, sholat tepat pada waktunya, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, membuang sampah pada tempatnya. Siap belajar menjadi pemimpin, minimal pemimpin dirinya sendiri untuk menjadi anak yang lebih baik dan siap dipimpin dengan menjaga kekompakan dan kerja sama, dan siap belajar menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme, menggunakan produk dalam negeri, melestarikan kebudayaan lokal, menjaga peninggalan luhur nenek moyang kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik. 
Setelah Upacara selesai diadakan evaluasi oleh tim Juri di Ruang pertemuan SMA N 1 Sedayu dan acara berakhir Sekitar Jam 08.30 WIB.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kecamatan Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163