Pemantauan PPKM Darurat di Wilayah Desa Argorejo dan Argodadi

Rabu Pon, 21 Juli 2021 09:58 WIB ∼ 39 Komentar (0)

Foto Berita

Senin, 19 Juli 2021 , Jam 20.00 WIB.
Dilaksanakan kegiatan rutin pemantauan dan edukasi kepada masyarakat dalam rangka penerapan Inbup No 19 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat di wilayah Kapanewon Sedayu. Obyek dari kegiatan ini adalah sampling beberapa Masjid yang ada di wilayah Kalurahan Argorejo dan Argodadi yang akan menyembelih hewan qurban yang cukup banyak sehingga dimungkinkan aka  terjadi banyak kerumunan. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui seberapa jauh persiapan pelaksanaan, berapa banyak hewan yang akan disembelih, jumlah penerima daging kurban, berapa banyak petugas yang dilibatkan, bagaimana pendistribusiannya, dah hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan peribadatan sholat Idul Adha.
1. Kalurahan Argorejo
Diawali dari Kalurahan Argorejo sasaran Masjid Al Muhajirin yang berada di Perumahan Griya Kencana Permai RT 37, Bandut Lor. Diterima oleh Ketua Takmir Masjid, beserta segenap panitia. Penyembelihan hewan qurban akan menyembelih 8 ekor sapi, biasanya 12 ekor namun 4 ekor disemebil diluar wilayah tersebut. Selama PPKM Darurat ini Masjid tidak dipergunakan untuk peribadatan secara jama’ah mengingat kondisi wilayah ini masuk zona merah covid 19, namun untuk kegiatan sholat ied akan dilaksankan di Masjid karen banyak tuntutan warga  yang merasa belum mampu untuk melaksankan sholat ied dirumah. Untuk Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) pada hari Rabu 21 JUli 2021, setelah diambil dagingnya baru dibawa  ke Masjid untuk dibagikan kepada masyarakat sebanyak 340 warga, pendistribusiannya dilakukan oleh Panitia. 
Selanjutnya Tim bergerak ke Masjid Al Ikhwan yang belokasi di Perumahan Sedayu Permai, Pereng Wetan. Diterima oleh Ketua Takmir Masjid, Bpk. Rohadi beserta segenap panitia. Penyembelihan hewan qurban akan dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Juli 2021 sebanyak 5 ekor sapi. Untuk mengurangi kerumunan bagi yang berkorban atau Shohibul tidak dihadirkan dan hanya panitia saja. Untuk distribusi daging qurban kurang lebih 280 warga dilakukan oleh panitia. 
2. Kalurahan Argodadi
Diwilayah Argodadi Tim menuju Masjid Al Hidayah, yang berlokasi di Dusun Sungapan. Diterima oleh Ketua Takmir Masjid, Dukuh Sungapan Bpk, Fuady beserta segenap panitia. Kegiatan peribadatan di masjid ini tidak boleh untuk berjamaah mengingat kondisi diwilayah ini juga masuk kategori zona merah, sehingga untuk sholat ied dilaksanakan dirumah masing-masing dan sudah diberikan panduan serta teks khotbah dari kemenag Bantul. Dimasjid ini akan menyembelih sebanyak 4 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Jumlah penerima daging qurban sekitar 300 warga. Untuk pendistrusian akan diserahkan kepada masing-masing rt, sehingga warga tidak perlu mengambil sendiri. Dalam pembagian daging qurban menggunakan besek bkan plastik.
Selanjutnya Tim menuju Masjid Baiturrahim di wilayah Dusun Sungapan Dukuh. Diterima oleh Ketua Takmir Masjid Bpk. Romsiah, Dukuh Sungapan Dukuh Bpk. Sumadi sertav segenap panitia. Untuk kegiatan peribadatan di MAsjid Baiturrahman ini sudah ditiadakan semenjak sebelum adanya PPKM DArurat, karena wilayah ini masuk zona merah covid 19. Untuk jumlah hewan qurban sebnayak 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Untuk menghindari kerumunan penyembelihan dilakukan dimasing-masing RT setempat , 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Untuk jumlah penerima daging qurban tiap RT rata-rata 48 warga.



Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163