Sosialisasi Perda No 3 Tahun 2021 Tentang Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas

Selasa Legi, 16 November 2021 15:02 WIB ∼ 12 Komentar (0)

Foto Berita
 
Hari ini Selasa 16 November 2021 berlokasi di Balai Kalurahan Argosari diadakan Sosialisasi Perda no 3 tahun 2021 tentang perubahan peraturan daerah Kabupaten Bantul Nomor 11 tahun 2015 tentang Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.
Hadir dalam Sosialisasi tersebut Ibu Dwi Joko Purnomo (Ibu Wakil Bupati Bantul), Drs. Timbul Harjana Anggota DPRD Kabupaten Bantul, Tunik Wusri Arliani, S.Sos, M.SE, Kabid PMKS  Dinsos P3A Kabupaten Bantul, Drs. Lukas Sumansa M.Kes Panewu Sedayu, Lurah Argosari, Pendamping TKSK Kapanewon Sedayu dan Penyandang Disabilitas Sedayu sebanyak 24 Orang.
.Penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakatnya dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kesamaan hak. Pemerintah Kabupaten Bantul sangat serius memperhatikan nasib para penyandang disabilitas.
Panewu Sedayu dalam sambutanya menyampaikan Apresiasi kepada paguyuban Pinilh Sedayu terkhusus untuk Sarjiyanto warga Surobayan Argomulyo atlet Tenis Lapangan Kursi Roda yang telah mempersembahkan medali emas dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI akan digelar pada tanggal 2 – 15 November 2021 di Papua.
Ibu Dwi joko Purnomo (Ibu Wakil Bupati Bantul) menyampaikan Apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinsos P3A dan Anggota DPRD Drs. Timbul Harjana atas kegiatan ini semoga dapat bermanfaat. Selanjutnya disampaikan juga agar tetap sehat semangat dan tetep melaksanakan prokes. Penyandang Disabilitas diharapkan tidak hanya menjadi obyek tapi menjadi subyek, dapat mengembangkan potensi diri dalam bentuk apapun.
Tunik Wusri Arliani, S.Sos, M.SE, Kabid PMKS  Dinsos P3A Kabupaten Bantul Menyampaikan beberapa program untuk Disabilitas antara lain : Pelayanan jaminan kesehatan (jamkesus), Program boga sehat, Pemberian alat bantu bagi disabilitas, Hari disabilitas internasional (hdi), Workshop disabilitas, dan pelatihan ketrampilan.
Drs. Timbul Harjana Anggota DPRD Kabupaten Bantul dalam sosialisasinya menyampaikan pemenuhan hak disabilitas disesuaikan dengan kebutuhan akses dan kondisi disabel.memungkinkan penyandang disabilitas dapat terpenuhi semua hak dengan prinsip kesamaan hak. termasuk di dalamnya hak perlindungan perempuan dan anak  seperti hak reproduksi, hak mendapatkan perlindungan diskriminasi, dll.
PEMDA menyediakan ULD:
a. Pemenuhan hak atas pekerjaan;
b. memberikan informasi mengenai proses rekrutmen, penerimaan, pelatihan kerja, penempatan kerja, keberlanjutan kerja, dan pengembangan karier yang adil dan tanpa Diskriminasi kepada;
c. pendampingan tenaga kerja & Penyediaan Alat bantu
 
 
#sedayubersatumelawancovi


Komentar (0)

Nama harus di isi.
Format E-mail tidak tepat.
Pesan harus diisi, minimal 10 karakter, maksimal 1000 karakter.

Puskesmas
di Kapanewon Sedayu

Puskesmas Sedayu I

Puskesmas Sedayu I

Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul
(0274) 7477131

Puskesmas Sedayu II

Puskesmas Sedayu II

Jl. Wates Km 12, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul
(0274) 7466886

Komando Rayon Militer Sedayu

Koramil / Komando Rayon Militer Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu

Kepolisian Sektor Sedayu

Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu

Jl. Yogya - Wates Km 10.5 Argomulyo, Sedayu
(0274) 795968

Kantor Urusan Agama Sedayu

KUA / Kantor Urusan Agama Sedayu

Jl. Wates Km. 10 Karanglo, Sedayu, Bantul
(0274) 7499163