Muskal Argorejo Transformasi UPK menjadi BumKal Bersama ex Pnpm M-Pd

Kamis, 12 Mei 2022 di Ruang Rapat Kalurahan Argorejo diadakan Musyawarah kalurahan Argorejo Membahas Kerjasama Antar Kalurahan Dalam Rangka Pembentukan Pengelola Dana Bergulir Masyarakat Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan Menjadi Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama. Muskal ini diselenggarakan sbg hasil koord kerja oleh Tim Fasilitasi tingkat Kapanewon Sedayu Dgn penanggungjawab Panewu Sedayu, Bpk Anton Yulianto dan Ketua Tim Fasilitasi oleh Panewu Anom, Bpk Eko Purwanto bersama Pendamping Desa dan UPK Sedayu.

Panewu Anom Kapanewon Sedayu menyampaikan bahwa  Setelah dimulai proses Sosialisasi himgga koordinasi pembentukan tim fasilitasi kapanewon, maka setiap kalurahan telah terjadwal penyelenggaraan muskal. Semua proses tahapan sesuai dengan skedul yang telah ditetapkan. 

Hasil muskal nantinya akan mendukung untuk pelaksanaan musyawarah antar kalurahan (MAKal) pada Juni untuk membentuk BumKal bersama sebagai hasil transformasi dari lembaga UPK eks DBM PNPM Pedesaan. Output Muskal ini adalah Kesepakatan pembentukan Bumkal Bersama, Utusan Kalurahan untuk mengikuti MAKal, Berita Acara, Draft Perkal.Pemerintah Kapanewon mendukung penuh atas hasil muskal

Dari Hasil Muskal tersebut disepakati

  1. Disepakati hasil muskal bahwa pemerintah kalurahan menyetuji pembentukan bumkal bersama, dan melakukan penyertaan modal ke bumkal bersama pada APBKal 2023.
  2. Besaran penyertaan modal BUMKALMA melalui APBKal Tahun 2023 sebesar Rp5.000.000,.
  3. Utusan kalurahan untuk mengikuti musyawarah antar kalurahan yang membahas tentang kerjasama antar kalurahan dalam rangka Pembentukan Pengelolaan Dana Bergulir Masyarakat  Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan  menjadi BUMKALMA terdiri dari:

 

  1. Lurah                              : Ngadimin, SH
  2. Ketua Bamuskal          : Eko Priyanto, A.Md
  3. Ulu Ulu                           : Wiyono
  4. LPMKal                           : Agus Arif Budiman
  5. Tokoh Masyarakat      : Hanafi Haryo P
  6. Perwakilan SPP            : Sri Lestari